Pages

Sunday, January 12, 2014

Tidak Semua Anak suka dipuji

#23abfc




Saat anak Anda memperoleh prestasi di sekolah, naluri orangtua mungkin mendorong Anda untuk memberi pujian kepada mereka ("Kau hebat!"), namun menurut tinjauan lebih lanjut dari tiga studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, pujian tersebut bisa jadi tak bermanfaat bagi anak. Studi tersebut melibatkan anak-anak yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan anak-anak yang memiliki rasa percaya diri yang rendah, serta meneliti fenomena yang disebut "pujian besar" merupakan pujian yang benar-benar berlebihan seperti kata-kata, "sangat" atau "benar-benar." Contohnya, "Kau lulus ujian dengan sangat hebat" atau "Ini benar-benar hebat." Secara mengejutkan, hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak dengan percaya diri yang tinggi merasa tersanjung dengan pujian semacam ini, sementara anak-anak yang memiliki rasa percaya diri yang rendah merasa terluka oleh pujian itu.



Orangtua cenderung percaya bahwa anak-anak yang kurang percaya diri perlu mendengarkan pujian lebih, tapi sebenarnya tidak. Ada dua alasan: Anak-anak yang tidak percaya diri mungkin percaya bahwa mereka tidak melakukan hal baik apa pun, dan pujian besar mencegah mereka untuk mengambil risiko baru karena mereka merasa sudah cukup membuat pencapaian. Sebaliknya, memberikan pujian kepada anak-anak yang percaya diri akan mendorong mereka untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi. Mereka cenderung berpikir, 'jika saya bisa melakukan satu hal dengan baik, saya mungkin bisa melangkah lebih jauh'.



Mendorong anak-anak dengan kepercayaan diri rendah dapat dapat mudah dilakukan dengan tidak memberi pujian berlebihan itu, namun Bushman punya saran untuk semua orangtua: Saat memuji anak, fokuslah pada pekerjaan yang mereka lakukan, bukan pada kepribadian anak itu. Dengan kata lain, katakan kepada anak Anda yang mendapat nilai "A" di kelas seni. Daripada mengatakan, "Kau benar-benar seorang seniman yang hebat," fokuslah dengan memuji hasil lukisan itu sendiri dengan mengatakan, "Ini adalah lukisan yang sangat bagus. Kamu menggunakan warna-warna yang cerah dan sangat teliti." Dengan begitu, jika anak Anda kemudian membuat karya yang kurang bagus, dia akan percaya bahwa dia adalah seorang seniman yang baik. Dan jangan ragu, menyematkan salah satu hasil karya anak Anda di pintu lemari es adalah ide yang sangat baik.

No comments:

Post a Comment