Pages

Monday, January 20, 2014

Jenis Kecanduan yang baiknya dihindari

#23abfc




Kecanduan termasuk aktivitas otak yang sebaiknya disembuhkan.  Secara sederhana kecanduan membuat seseorang mengalami kecemasan ketika dia dicegah melakukan sesuatu yang biasa dilakukannya. Dan, hal ini melibatkan reaksi saraf otak yang jika sudah terlalu parah dapat memunculkan gangguan saraf. Orang yang kecanduan mungkin merasa gembira melakukannya. Namun, dia akan tersiksa bila tidak menemukan hal yang dicandunya. Tidak mesti soal psikotropika. Hal sederhana seperti "jatuh cinta", bisa membuat orang kecanduan. Dalam tahap tergila-gila dengan orang lain yang disukai, seringkali seseorang menjadi gelap mata. Dia mau melakukan apapun demi pujaan hati. Dan, bila cinta itu tidak kesampaian atau jarang betemu dengan kekasihnya, pikiran menjadi cemas dan bahkan kalut sehingga mampu memunculkan depresi.

Apapun bentuk dari kecanduan mesti diwaspadai. Pasalnya, efek samping sangat merusak akal sehat. Dikutip dari Genius Beauty, ada beberapa jenis kecanduan yang sebaiknya Anda hindari karena menimbulkan efek merusak tubuh:

  • Internet  dan gadget. Inilah bentuk kecanduan orang modern. Seseorang yang telah tergila-gila pada dua hal ini bisa menghabiskan waktu seharian untuk bermain internet atau game melalui gadgetnya. Semakin banyak fitur yang ditawarkan, reaksi kecanduan bisa bertambah tinggi.
  • Makan. Makan pun bisa membuat orang kecanduan. Biasanya awalnya dari kebiasaan makan yang tidak terkontrol. Selanjutnya, pelakunya merasa perlu untuk setiap saat mengisi perut. Namun bisa juga ketergantungan makanan dipicu oleh kebiasaan makan manis. Makanan kaya gula ini mengganggu kerja otak agar selalu mengambil makanan bagi tubuh.
  • Merokok. Nikotin adalah penyebab pelaku tidak bisa begitu saja memutus kebiasaan untuk menghentikan rokok. Nikotin turut memengaruhi otak sehingga perokok harus berusaha memenuhi asupan racun ini.
  • Alkohol dan psikotropika. Kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang sudah pasti akan merusak tubuh. Berbagai organ tubuh akan berkurang fungsinya seiring dengan perjalanan waktu bagi pelaku untuk memenuhinya.
  • Game. Ini juga termasuk kecanduan modern yang memprihatinkan. Orang yang kecanduan game sering didapati sampai mengurangi jam tidurnya hanya untuk memenangkan permainan. Efek pada tubuh sangat buruk ketika  seseorang makin keterlaluan memenuhi hasrat untuk nge-game. [aktualpost]


No comments:

Post a Comment