Pages

Monday, January 20, 2014

Agar Jantung Makin Sehat

#23abfc




Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan populer di zaman modern ini. Pasiennya tidak lagi orang-orang yang berusia tua. Kini, pasien muda juga banyak ditemukan memiliki penyakit ini. Kebanyakan penyakit jantung muncul dari gaya hidup tidak sehat. Kaum muda yang sudah terbiasa merokok, makan junk food, hingga jarang bergerak menjadi beberapa pemicu masalah di jantung. Kalau Anda masih muda, masih ada kesempatan luas untuk menjaga jantung tetap sehat hingga usia tua. Begini cara mencegah masalah jantung:

  • Berhenti merokok. Rokok memengaruhi tekanan darah dan memicu peningkatan kolesterol LDL. Hal ini sangat merugikan jantung dan memungkinkan terjadinya gagal jantung.
  • Berhenti meminum alkohol. Minuman memabukkan tersebut memiliki efek akan melemahkan otot-otot jantung dalam jangka panjang.
  • Berolahraga secara teratur. Olahraga akan melatih otot jantung lebih kuat. Selain itu, peredaran darah semakin lancar sehingga mengurangi peningkatan tekanan darah.
  • Menyukupi waktu tidur. Kurang tidur memiliki keburukan terhadap banyak aspek kesehatan dalam tidur. Untuk jantung, kurang tidur menyebabkan peningkatan tekanan darah yang menjadi salah satu faktor pemicu serangan jantung.
  • Menjaga kadar kolesterol.Kolesterol menyebabkan terjadinya plak di dalam arteri. Plak ini dalam jangka panjang bisa menumpuk lalu menyumbat aliran darah. Saat tertutup rapat, darah menuju jantung tidak mampu mengalir dan bisa menyebabkan serangan  jantung.
  • Selalu kontrol tekanan darah. Makin tinggi tekanan darah berpeluang menimbulkan serangan jantung. Hipertensi juga mampu membuat arteri pecah karena tidak kuat menahan tekanan. Jika sampai merusak arteri di otak maka menyebabkan stroke.
  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi. Makanan berlemak adalah musuh utama dari janung. Pasalnya, lemak bisa berkontribusi terhadap peningkatan kolesterol dan obesitas. Lebih baik, banyaklah makan buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi sehat bagi tubuh termasuk jantung.
  • Bebaskan pikiran dari stres. Stres membawa banyak masalah bagi tubuh. Semakin stres memungkin seseorang lebih rawan terkena serangan jantung.
  • Lakukan cek kesehatan secara rutin, terutama untuk Anda yang mulai memasuki usia paruh baya. Usia di atas 35 tahun ada baiknya memeriksakan kondsi jantung. Irama detak jantung yang tidak normal saja sudah harus diwaspadai terhadap kemungkinan adanya penyakit jantung. [aktualpost]


No comments:

Post a Comment