Pages

Thursday, January 23, 2014

Alasan Kenapa Ketiak bisa berwarna Hitam

#23abfc




Ketiak merupakan salah satu daerah paling sensitif. Pigmentasi atau menggelapnya kulit ketiak dapat terjadi di daerah ini karena sejumlah alasan. Berikut adalah cara mengelola pigmentasi:

Hindari gesekan

Gesekan merupakan penyebab terbesar kenapa muncul pigmentasi, dan merupakan hasil dari keringat berlebihan, kurangnya antiperspiran, pakaian ketat, cuaca panas, atau dari kelebihan berat badan. Cobalah jaga ketiak agar tetap kering dengan sering menggunakan deodoran setelah mandi, dan mengganti pakaian kerap kali berkeringat. Carilah pakaian yang terbuat dari katun agar dapat bernapas dengan mudah. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, sudah sepantasnya untuk segera menurunkan berat badan.

Kenali infeksi jamur

Jamur sangat sering tumbuh di daerah lembab dan gelap seperti di ketiak. Jamur ini menyebabkan kemerahan, gatal-gatal dan juga pigmentasi. Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter kulit, dan obati infeksi jamur tersebut.

Periksa diabetes

Banyak orang yang rentan diabetes atau sudah mengalami diabetes seringkali memiliki pigmentasi beludru di daerah ketiak. Istilah medis seperti ini dikenal dengan Acanthosis nigricans. Untuk mengelola masalah satu ini, periksakan penyakit Anda dan kelola gula darah dalam tubuh.

Berhenti kebiasaan mencukur

Mencukur memang membuat daerah ketiak lebih halus dan terbebas dari bulu-bulu yang sangat mengganggu. Tapi, kalau mencukurnya tidak tepat, akan meninggalkan noda hitam di ketiak.[liputan6]

No comments:

Post a Comment