Pages

Wednesday, January 22, 2014

Mengatasi Lingkaran Hitam pada Mata

#23abfc




Tampilan wajah yang segar tentu merupakan salah satu ukuran pria terlihat menarik atau tidak. Wajah yang terlihat kusam dan lesu tak jarang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Selain mengurus janggut, jerawat, atau komedo, keadaan mata juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Anda mungkin tidak menyadari, akibat kelelahan, stres, atau kondisi kesehatan, akan timbul garis hitam di sekitar kantung mata yang membuat wajah terlihat kusam. Yang lebih fatal, mungkin stigma pemakai narkoba bisa melekat pada diri Anda.  Ada beberapa cara untuk mengatasi kantung mata yang menghitam. Yang pertama harus dilakukan tentu saja mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat sehingga tubuh segar bugar. Dari segi medis, kondisi mata memang dapat menjadi indikasi apakah kondisi fisik seseorang sedang dalam keadaan prima atau tidak. Meskipun tuntutan pekerjaan maupun aktivitas Anda lebih sering dilakukan malam hari, garis hitam pada kantung mata tetap dapat diatasi.

Dinginkan mata terlebih dahulu. Saat Anda merasa begitu kelalahan akibat aktivitas yang padat, cara cepat untuk mengatasi kantung mata yang menghitam adalah dengan mendinginkan area mata. Anda dapat mengompres mata dengan kantung es, lap yang dibahasi air dingin, atau langsung mengusap area mata dengan es batu. Hal ini mirip yang dilakukan saat mata terluka akibat hantaman benda tumpul atau kecelakaan. Tujuannya adalah membuat aliran darah di sekitar mata menjadi lancar, tidak menggumpal di area tersebut hingga menimbulkan efek garis hitam. Lakukan selama 5-10 menit saat sebelum atau sesudah tidur.

Jangan buang teh celup yang telah dipakai

Mungkin Anda memiliki kebiasaan meminum teh hangat saat sebelum tidur atau sarapan di pagi hari. Jangan buru-buru buang teh celup yang sudah dipakai, karena ampas teh hitam atau teh hijau mempunyai khasiat yang cukup efektif untuk menyegarkan mata. Zat tannin yang terkandung di dalam teh dapat mengecilkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit. Sifat basa dari teh kantung bekas yang sudah dipakai dan didiamkan selama semalam dapat berguna bagi kesehatan kulit di sekitar mata. Rendam teh kantung ke dalam air dingin, kemudian kompres area mata selama sekitar 10 menit baik sebelum atau sesudah tidur.

Khasiat mentimun

Mentimun merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berfungsi mengembalikan kesegaran tubuh. Anda mungkin sering melihat wanita mengompres matanya dengan irisan mentimun. Jangan heran, terapi alami tersebut juga bisa dilakukan pria. Sama seperti teh, mentimun juga memiliki khasiat astrigent yang dapat melancarkan peredaran darah. Jika Anda merasa mempunyai masalah dengan garis hitam di kantung mata, selalu sediakan mentimun dan simpan dalam lemari pendingin. Anda dapat memakainya dengan cara diiris maupun dijus. Kompres mata dengan irisan mentimun atau oleskan jus mentimun dalam keadaan dingin di sekitar kantung mata selama 10 menit.

Gunakan eye repair roll-on atau cream

Untuk pemakaian sehari-hari, tersedia banyak produk eye repair roll-on maupun cream khusus untuk menghilangkan garis hitam pada kantung mata. Produk-produk ini tidak hanya untuk wanita, namun juga dapat digunakan pria. Biasanya produk ini mengandung kafein yang akan menyegarkan dan melancarkan aliran darah di sekitar mata. Gunakan sebelum Anda beraktivitas atau menghadiri acara yang menuntut tampilan wajah yang tampak cerah dan segar. [talkmen]

No comments:

Post a Comment