Pages

Tuesday, January 21, 2014

Sikut dan Lutut menghitam? Ini tipsnya

#23abfc




Area kulit lutut, sikut dan tumit kita cenderung memiliki kondisi kulit yang menghitam, tebal dan kering. Kondisi menghitam dan menebal yang ada tidak lain adalah karena di area tersebutlah terdapat lipatan-lipatan kulit hingga membuat kulit dan pigmen menjadi menumpuk di suatu area. Pada prinsipnya hal tersebut adalah wajar. Namun kondisi keringlah yang perlu diperhatikan. Karena jika dibiarkan, tidak hanya dapat merusak penampilan tetapi juga berisiko akan mudah terpapar penyakit kulit yang disebabkan infeksi bakteri atau virus karena proses iritasi. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Hindari berlama-lama mandi dan terutama menggunakan air panas. Air panas menghilangkan minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan air hangat. Terlalu lama mandi malah membuat kulit kering. Batasi kegiatan mandi Anda selama 5 – 10 menit saja setiap harinya dengan air hangat.
  • Gunakan pembersih yang tidak menggunakan pengharum atau sabun yang tidak terlalu "keras".
  • Tepuk-tepukkan handuk ke kulit setelah mandi atau membersihkan wajh atau tangan sehingga kulit lembab. Gunakan pelembab dalam jangka waktu tiga hingga lima menit setelah mandi agar kelembapan kulit dapat dipertahankan.


Pelembab seperti apa yang dapat Anda gunakan? Berbagai macam jenis pelembab tersedia di pasaran. Anda tidak perlu membayar mahal untuk mendapatkan pelembab yang baik. Kandungan pelembab yang dapat membantu untuk kulit kering antara lain:

  • Ceramide. Ceramide membantu kulit menahan air. Bentuk sintetiknya dapat "meniru" substasi alami pada bagian terluar kulit sehingga dapat menjaga kelembaban kulit.
  • Dimethicone dan gliserin. Kedua kandungan ini menarik air ke kulit dan menahannya di sana.
  • Asam hialuronat. Seperti ceramide, asam hialuronat membantu kulit menahan air.
  • Lanolin, minyak mineral, dan petrolatum. Kandungan ini membantu kulit menahan air yang diserap ketika mandi.


Selain strategi mandi dan pemilihan pelembab di atas, Anda juga perlu memastikan kulit terlindungi dari pajanan matahari dengan menggunakan tabir surya. Cari tabir surya dengan SPF 30 atau lebih dan terdapat keterangan 'broad spectrum' pada labelnya. [klikdokter]

No comments:

Post a Comment