Pages

Tuesday, January 21, 2014

Bekerja malam kacaukan ritme tubuh

Bekerja malam kacaukan ritme tubuh



Pekerjaan perbaikan infrastruktur sering dilakukan pada malam hari.



Bekerja pada malam hari dituding dapat menyebabkan "kekacauan" dan bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh jangka panjang, para peneliti memperingatkan.

Kerja malam hari telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit diabetes tipe 2, Klik

serangan jantung

dan kanker.

Sekarang para ilmuwan di Sleep Research Centre (Pusat Riset Tidur) di Surrey, Inggris telah menemukan kerja pada giliran malam menyebabkan gangguan pada tingkat molekuler terdalam tubuh manusia.

Para ahli mengatakan mereka terkejut dengan besarnya skala, kecepatan dan tingkat parahnya kerusakan tubuh yang disebabkan akibat terjaga di malam hari.

Tubuh manusia memiliki ritme alami sendiri dan jam tubuh dirancang untuk tidur di malam hari dan aktif di siang hari.

Ritme ini memiliki efek mendalam pada tubuh, mengubah segala sesuatu dari hormon dan suhu tubuh termasuk untuk kemampuan atletik, suasana hati dan fungsi otak manusia.

Tidak sinkron

#23abfc


Bekerja malam hari membuat irama organ-organ tubuh tidak sinkron.



Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini melibatkan 22 orang yang bergeser dari pola kerja normal menjadi pekerja pada malam hari.

"Lebih dari 97% irama gen menjadi tidak sinkron akibat tidur tidak tepat waktu. Temuan ini dianggap benar-benar menjelaskan mengapa manusia merasa begitu buruk sewaktu mengalami jet lag, atau jika kita harus bekerja shift yang tidak teratur," kata Dr Simon Archer, salah seorang peneliti di University of Surrey.

Rekan peneliti, Profesor Derk-Jan Dijk mengatakan setiap jaringan dalam tubuh memiliki ritme harian sendiri, tetapi dengan terjadinya pergeseran ini dan jantung bekerja pada waktu yang berbeda dengan ginjal dan otak.

Dia mengatakan kepada wartawan BBC James Gallagher: "Ini kekacauan kronis. Seperti tinggal di rumah yang memiliki jam di setiap kamar dan seluruh jam itu terganggu, tentu saja mengarah pada kekacauan dalam rumah tangga."

Penelitian telah menunjukkan bahwa pekerja yang tidur terlalu sedikit pada waktu yang salah mungkin berisiko menderita Klik

diabetes tipe 2 dan obesitas.

Sementara penelitian lain mengatakan serangan jantung lebih sering terjadi pada pekerja malam.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
BBCIndonesia.com | Majalah

No comments:

Post a Comment