Pages

Tuesday, January 21, 2014

Manfaat MInyak kelapa bagi Bayi

#23abfc




Anak adalah permata. Bagi Anda, ia adalah sesuatu yang paling berharga di dunia. Oleh karena itu segala sesuatu yang menyangkut keadaan seorang anak menjadi hal yang paling diperhatikan. Terutama jika seorang anak masih baru lahir, Anda pasti mencemaskan segalanya mulai dari minuman, makanan, kulit, dan lain sebagainya. Jika menggunakan produk kesehatan bayi, mungkin Anda akan khawatir dengan zat-zat kimia di dalamnya.

Memilih produk untuk bayi adalah hal yang perlu diprioritaskan sebab berhubungan langsung dengan kesehatan. Apabila zat kimia berbahaya bersentuhan dengan tubuh mungil bayi, bukan tidak mungkin dia akan terganggu bahkan kesakitan. Sebagai orang tua yang bijak, Anda harus memilih produk perawatan bayi yang berasal dari alam. Ambillah minyak kelapa sebagai salah satu contoh. Minyak kelapa telah diakui dunia sebagai minyak yang baik bagi manusia karena ia mengandung zat yang dapat melawan bakteri, virus, dan jamur. Faktanya, minyak yang berasal dari alam ini selain aman bagi bayi, ternyata juga memiliki banyak kegunaan. Berikut adalah beberapa manfaat minyak kelapa.

Obat ruam popok

Jika Anda mendapati ruam popok pada bayi, Anda tak perlu bingung mencarikan krim yang tepat sebab minyak kelapa dapat meredakannya. Yang perlu dilakukan adalah mengoleskan minyak kelapa pada area yang iritasi. Minyak kelapa tersebut akan mencegah iritasi, memelihara dan menyembuhkan area infeksi. Karena minyak kelapa mengandung zat yang dapat melawan pertumbuhan jamur, Anda juga tidak perlu khawatir bayi akan mengalami infeksi yang disebabkan olehnya.

Body Lotion

Mungkin kulit bayi sudah cukup lembut tanpa perlu tambahan krim atau lotion. Namun, jika Anda merasa penggunaan body lotion sangat dibutuhkan, Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa. Minyak ini memiliki zat yang berfungsi sebagai moisturizer yang dapat menjaga kelembaban kulit buah hati. Ketika kulit bayi kering, Anda dapat mengaplikasikan minyak kelapa untuk mengembalikan kelembapannya. Di samping melembapkan, Anda juga dapat melindungi si kecil dari iritasi.

Obat dermatitis seboroik (cradle cap)

Dermatitis seboroik adalah penyakit yang menyebabkan bercak bersisik tebal di daerah kulit kepala bayi, Penyakit ini disebabkan oleh peradangan kelenjar minyak kulit. Pada orang dewasa, gangguan ini sama dengan ketombe. Jika anak mengalaminya, Anda dapat meredakan gangguan ini dengan memberikan minyak kelapa di bagian yang terinfeksi dan biarkan selama 20 menit. Minyak kelapa ini berfungsi sebagai moisturizer untuk melembutkan kulit kepala sekaligus mengobati gangguan dermatitis seboroik. Setelah 20 menit, bersihkan minyak kelapa dan sisir lembut kepala bayi untuk menghilangkan lapisan dermatitis seboroik yang tersisa.

Minyak pijat

Orang tua tentu mengetahui bahwa memijat memiliki banyak manfaat bagi bayi. Minyak kelapa dapat digunakan sebagai minyak pijat. Baunya yang harum serta kandungan moisturizer di dalamnya dapat membuat pengalaman pijat si kecil menjadi menyenangkan.

Demikian beberapa kegunaan minyak kelapa bagi bayi. Selain 4 poin tersebut, masih banyak lagi kegunaan lainnya. Jadi, apakah Anda sudah memutuskan untuk memilikinya di rumah?[bilna]

No comments:

Post a Comment