Pages

Tuesday, January 21, 2014

Musang pecahkan rekor berjalan 70km

Musang pecahkan rekor berjalan 70km

#23abfc


Musang ini melakukan perjalanan jauh karena dipaksa keluar olen jantan dominan dalam kelompoknya.



Seekor musang dilacak telah berjalan sejauh 70km dari sarang asalnya memecahkan rekor perjalanan musang terjauh yang tercatat di Inggris.

Hewan berbulu ini diberi nama Fleet oleh tim peneliti Universitas Brighton dan dilacak melalui sebuah pemindai ber-GPS yang diletakkan di rantai lehernya.

Menurut para ilmuwan Fleet telah berjalan kaki total sejauh 315km dari sarangnya sampai ke pedesaan di Sussex, Inggris.

Pakar alam liar Chris Packham bergabung dalam tim peneliti ini untuk melacak jejak si musang dalam seri siaran BBC Two, Winterwatch.

"Musang akan keluar dari sarang mereka karena berbagai alasan, terutama untuk mencari tempat yang bisa diklaim sebagai wilayah mereka," kata Dr Dawn Scott yang jadi pemimpin tim riset.

"Pergerakan dari lokasi dimana mereka dilahirkan ke wilayah lain biasanya terjadi karena kompetisi sengit dalam satu kelompok serigala."

Sebuah tim riset telah mempelajari gerakan serigala perkotaan yang hidup di sekitar Brighton untuk memahami bagaimana dinamika dan pergerakan populasi mereka.

Melalui catatan yang didapat serta observasi warga masyarakat, tim bentukan Dr Scott menemukan bahwa Fleet terusir keluar dari kelompoknya sebagai hewan jantan dominan karena keberadaan anak jantannya, sehingga ia harus mencari wilayah baru di lokasi lain.

"Jarak perjalanan yang terjauh yang sebelumnya tercatat adalah di Wales, sejauh 52km," kata Dr Scott.

Dari GPS di lehernya perjalanan Fleet diketahui dilakukan dengan mengikuti jalur rel kereta api, serta sungai namun karena seringkali ada jalur yang basah akibat genangan, maka Fleet diketahui bergerak hati-hati menghindarinya.

Pada siang hari ia akan beristirahat di kebun-kebun atau sisi jalur rel sebelum kemudian memulai perjalanan jauhnya kembali pada malam hari.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
BBCIndonesia.com | Majalah

No comments:

Post a Comment