Pages

Sunday, January 19, 2014

Kecanduan Makan? Ini Tandanya

#23abfc




Di dunia ini, beberapa orang makan untuk hidup, sementara yang lainnya hidup untuk makan. Masuk kategori manakah diri kamu, Dreamers? Salah satu cara untuk menentukannya adalah dengan mencari tahu apakah kamu sudah kecanduan makan. Yuk simak tanda-tanda bahwa kamu telah kecanduan makanan yang efeknya adalah berdampak pada kesehatan tubuh:

Menghubungkan perasaan dengan makan

Jika kamu menghubungkan perasaan dengan makanan yang kamu makan, maka mulailah berpikir. Karena itu adalah salah satu tanda kamu kecanduan makan. Misalnya ketika kamu selalu merasa senang saat makan makanan favorit.

Tak bisa berhenti makan

Jika kamu merasa ingin selalu makan sepanjang hari, bahkan ketika kamu tidak lapar, itu tandanya kamu sudah kecanduan makanan. Kamu merasakan ingin terus makan tanpa kontrol dan berpikir bahwa kamu tidak akan kenyang.

Makan diam-diam

Seberapa seringkah kamu mengambil makanan dari dapur dan memakannya diam-diam? Jika sering, maka itu bisa menjadi tanda bahwa kamu kecanduan makanan. Makan secara diam-diam ini bisa muncul jika kamu merasa sulit untuk mengendalikan keinginan makan.

Memikirkan makanan sepanjang hari

Jika kamu selalu berpikir tentang makanan, mulai dari resep baru, bagaimana cara memasak resep tersebut, dan lainnya sepanjang hari, maka kamu telah benar-benar kecanduan makanan.

Makan berlebihan

Jika kamu terus makan berlebihan meski sudah kenyang, ini bisa menjadi tanda kecanduan. Normalnya, seseorang cenderung untuk makan berlebihan saat menghadiri pesta makan-makan. Tapi jika hal ini terjadi setiap hari, maka ada kemungkinan kamu terobsesi dengan makanan.

Tak bisa mengontrol saat lihat makanan

Mungkin ada masalah dalam dirimu, jika kamu tidak bisa mengontrol saat melihat makanan. Sering kali, kita tidak bisa menahan dorongan untuk segera mengonsumsi makanan yang kita lihat. Jika tak bisa mengontrolnya, maka kamu benar-benar sudah kecanduan.

Melepas stress dengan makan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stress. Namun, jika terlalu banyak makan saat stress dan depresi, maka kamu sudah kecanduan makanan.

Mulailah untuk bisa mengontrolnya secara perlahan, dan hindari keinginan kuat untuk selalu mengonsumsi makanan. Karena kecanduan makan bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena zat-zat yang masuk ke dalam tubuh yang mungkin saja bisa membahayakan. [Dreamers]

No comments:

Post a Comment