Pages

Sunday, January 19, 2014

Bahasa Tubuh yang harus dikuasai Sales Marketing

#23abfc




Seorang sales marketing atau bagian penjualan tak hanya harus pandai merangkai kata untuk 'merayu' pembeli, namun juga wajib menguasai bahasa tubuh yang mendukung rayuannya tersebut. Lantas, bahasa tubuh yang bagaimanakah itu?

Cara berjalan

Ketika menghampiri pembeli, maka berjalanlah dengan langkah kaki yang bersemangat. Sambut mereka terlebih dahulu dengan antusisas dan penuh keramahan. Bila perlu, ucapkan salam sembari menyalami mereka dengan membungkukkan badan ke depan sedikit. Bahasa tubuh seperti ini akan memberi kesan bahwa Anda adalah pribadi yang terbuka dan supel. Namun, tunjukkan sewajarnya saja jangan sampai berlebihan.

Cara memandang

Saat mulai melakukan pembicaraan dengan pembeli, maka fokuskan pandangan mata Anda kepada mereka. Memandang ke arah lain sesekali tidak masalah, asal jangan terlalu lama. Karena mengalihkan pandangan terlalu lama bisa membuat mereka merasa diabaikan. 

Cara tersenyum

Dalam kondisi apapun, usahakan untuk selalu tersenyum sepenuh hati ketika berhadapan dengan  pembeli. Jangan sampai mood yang tidak baik membuat raut wajah Anda jadi terlihat masam di depan mereka. Mengenai jadi atau tidaknya mereka membeli produk Anda, yang penting Anda telah memberi pelayanan yang prima. 

Cara melayani

Di sini, Anda dituntut untuk bersikap spontanitas kepada pembeli. Misal, jika Anda seorang sales marketing di show room mobil, maka jangan segan untuk membukakan pintu mobil yang akan diuji kendara.  Anda juga harus sabar melayani mereka. Mengingat produk baru Anda mungkin masih sangat asing bagi mereka. Jadi, wajar saja jika si pembeli terkesan agak 'rewel'. Semua ini demi menciptakan citra positif pada usaha dan diri Anda sendiri. [citycirectory]

No comments:

Post a Comment