Pages

Tuesday, January 7, 2014

Beda Penglihatan Manusia dan Kucing

Ini beberapa fakta tentang perbedaan pengelihatan manusia dan kucing hasil penelitian Lamm:

  1. Kucing memiliki bidang visual 200 derajat sementara manusia hanya 180 derajat .
  2. Peripheral Vision bagi manusia adalah 20 derajat setiap sisi. Sementara kucing adalah 30 derajat setiap sisi. (Peripheral vision adalah jarak pandang mata kita ke semua penjuru atas bawah kiri kanan, tapi fokus bola mata tetap ke depan. Walaupun fokus bola mata tetap ke depan, kita bisa melihat apa yang ada di sekeliling kita sebatas bidang penglihatan maksimal kita melalui sudut-sudut mata)
  3. Manusia mampu melihat benda dengan jelas dari jarak 100-200 meter, sementara kucing akan perlu 20 meter dari objek yang sama untuk mencapai kejelasan yang sama.
  4. Manusia hampir tidak melihat apapun dalam kegelapan, sementara kucing masih bisa menangkap mangsanya dalam keadaan yang sama karena kucing bisa melihat 6-8 kali lebih baik daripada manusia.
  5. Manusia memiliki kemampuan untuk melihat sangat lambat benda bergerak dengan kecepatan 10 kali lebih lambat dari kucing. (Maksudnya kita bisa melihat hal-hal sangat lambat bergerak yang tidak akan tampak bergerak bagi kucing)
  6. Kucing melihat warna yang lebih sedikit daripada manusia. Spektrum warna mereka terbatas terutama untuk kuning, dan biru, seperti yang terlihat dalam foto-foto, di mana "visi kucing " tampak seperti warna yang luntur dibandingkan dengan cara kita melihat dunia.


Berikut adalah gambaran perbandingan visual penglihatan manusia dengan kucing:



























#23abfc






No comments:

Post a Comment