Pages

Sunday, January 19, 2014

Tips Mengecat Rambut di Rumah

#23abfc




Selain berhemat ratusan ribu rupiah, keunggulan mengecat rambut sendiri adalah bisa dilakukan sambil bersantai di rumah. Agar rambut berkilau seperti hasil pewarnaan yang profesional di salon, berikut rahasianya:

1. Perhatikan kondisi rambut. Rambut yang rontok, bercabang, kering, rusak dan rapuh sebaiknya tidak diwarnai dahulu, sebab akan memperparah kondisinya. Rawat dulu dengan masker atau creambath 2-3 bulan berturut-turut.

2. Pilih produk cat rambut yang berkualitas baik. Cirinya adalah diformulasi dengan nutrisi lengkap. Kandungannya terbuat dari bahan alami seperti aloe, balm mint, hops, fennel, chamomile, mistletoe, atau yarrow. Jangan pernah tergiur harga murah yang beresiko dapat merusak rambut.

3. Pilih warna cat rambut yang sesuai rona kulit, yang dapat membuat wajah terlihat cerah. Warna yang cocok untuk wanita Asia: mahogani tua, merah tembaga, merah cokelat, cokelat keunguan, merah keunguan, dan burgundy.

4. Untuk rambut yang belum pernah diwarnai, pIlih warna yang lebih terang dari hasil yang diinginkan  (2-3 level lebih terang). Sebaiknya hindari bleaching (mencat rambut dengan warna pirang terlebih dulu agar warna yang diinginkan mudah didapat). Bila rambut sudah pernah dicat warna gelap, pilih warna yang sama dengan rambut, sebab warna yang lebih terang sulit keluar, kecuali dengan bantuan bleaching. Bila rambut telah dicat warna terang, Anda bebas memilih warna apa saja.

5. Jika rambut panjang atau tebal, dan belum pernah diwarnai dianjurkan menggunakan 2 dus. Sebab bila cat rambut tidak tuntas menutup batang rambut, hasil warnanya akan kurang indah.

10 Trik Sukses Mencat Rambut di Rumah

6. Sebelum proses pewarnaan, pastikan rambut kering. Cucilah malam sebelumnya. Rambut yang berminyak atau basah, warnanya tidak dapat masuk secara maksimal. Nah triknya adalah shamponya harus tepat. Pilih yang mengandung keratin untuk melindungi dari kerusakan luar atau efek korosif dari zat aktif pada cat rambut. Misalnya Pantene Pro-V Total Damage Care yang mengandung keratin damage blocker dan pro Vitamin B5, untuk melindungi rambut dari kerusakan dari luar, seperti polusi atau zat aktif di produk cat dan styling rambut.

7. Sebaiknya simpan cat dan lakukan pengecatan di suhu udara sekitar 20-25ºC. Lebih dingin dari itu formula krim cat rambut kemungkinan tidak bisa menghasilkan warna yang maksimal.

8. Untuk rambut panjang: jepit menjadi 4-6 bagian untuk memudahkan pewarnaan dan hasilnya lebih merata sampai ke dalam. Mulailah aplikasi dari belakang. Sedia kapas dan baby oil untuk menghapus noda cat yang terkena area kulit. (biasanya di dahi dan sekitarnya).

9. Produk cat yang sudah dicampur tidak bisa disimpan. Oleh sebab itu bila tersisa habiskan saja semuanya.

10. Untuk rambut yang belum pernah diwarnai, panjang atau tebal, gunakan shower cap saat menunggu dibilas. Cara ini membuat zat aktif dalam formula cat rambut bekerja lebih efektif.[yahoo]

No comments:

Post a Comment