Pages

Sunday, January 12, 2014

Pengaruh Bergadang bagi Kesehatan

#23abfc




Kita sudah banyak mendengar tentang khasiat tidur. ternyata tidur bisa membuat tubuh kita langsing dan terhindar dari kegemukan. Tidur bisa mengontrol berat badan karena beberapa alasan. Saat kita sudah rajin berolahraga dan diet tapi masih kesulitan menurunkan berat badan, mungkin ada yang salah dengan pola tidur kita. Tidak tidur dengan teratur ternyata bisa mempengaruhi berat badan kita lho. Sebagai orang yang aktif, pasti ada satu saat dimana kesibukan kita membuat kita begadang. Sesekali mungkin hal ini bisa kita lakukan karena tuntutan pekerjaan. Namun jika kita melakukan hal ini secara terus menerus, dampaknya akan menjadi buruk bagi kesehatan dan terutama bagi berat badan kita. Hal kecil seperti tidur ini jika tidak kita lakukan dengan cukup dan dengan tepat maka bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita.

Menaikkan Berat Badan

Kurang tidur menyebabkan hormon kortisol dalam badan. Hormon ini menyebabkan Agan akan selalu ingin ngemil atau makan. Selain itu hormonnya mengacaukan nafsu makan dan membuat Agan akan selalu ingin makan.

Mempengaruhi Hormon

Begadang bisa memperlambat metabolisme dan menyebabkan jumlah hormon ghrelin meningkat. Inilah hormon yang berkaitan dengan nafsu makan. Saat hormon ini tidak bekerja dengan baik maka seseorang akan mempunyai nafsu makan yang lebih besar dari biasanya.

Memilih Makan Tak Sehat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa begadang bisa mempengaruhi seseorang dalam memilih makanan. Orang yang kurang tidur lebih memilih makanan yang manis dan penuh kalori.

Malas

Orang yang kurang tidur akan seringkali malas dan tidak berenergi. Mereka akan lebih malas berolahraga. Hal inilah yang bisa membuat seseorang yang begadang bisa menjadi lebih gemuk.

Menurunkan Metabolisme

Metabolisme jelas berhubungan dengan tidur. Saat seseorang kurang tidur, maka metabolisme akan melambat. Proses pembakaran lemak dan kalori menjadi semakin berkurang.

No comments:

Post a Comment