Pages

Wednesday, January 15, 2014

Monyet dilarang diberi pisang

Monyet dilarang diberi pisang

#23abfc


Menu pisang sekarang diganti dengan sayuran di Paignton.



Kebun binatang Paignton di Devon, Inggris selatan, membuat pengumuman mengejutkan dengan melarang monyet diberi makan pisang karena buah tersebut tidak baik bagi kesehatan monyet.

Tim ahli gizi di Kebun Binatang Paignton mengatakan kandungan gula di pisang terlalu tinggi dibanding pisang yang biasanya dimakan monyet di alam bebas.

Menurut kepala konservasi dan advokasi Amy Plowman, buah yang ditanam untuk konsumsi manusia cenderung lebih manis, rendah protein, dan rendah serat dibanding buah yang tumbuh di alam bebas karena manusia suka dengan buah yang manis.

"Memberikan pisang ini ke monyet sama dengan memberikan kue dan coklat kepada monyet," jelas Plowman.

Dibanding pisang yang tumbuh di alam bebas, lanjutnya, pisang untuk konsumsi manusia kaya akan kalori dan gula sehingga tidak baik untuk kesehatan gigi monyet.

Selain itu konsumsi pisang tersebut dapat menimbulkan diabetes dan gangguan-gangguan kesehatan lain.

Pihak kebun binatang secara bertahap dan pelan-pelan mengurangi jumlah pisang yang diberikan kepada monyet. Sebagai gantinya monyet diberi makan sayuran.

"Monyet tidak mempunyai pilihan tetapi tidak seperti anak-anak monyet tidak mengeluh," ujar Plowman seperti dilkutip kantor berita PA.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
BBCIndonesia.com | Majalah

No comments:

Post a Comment