Pages

Friday, January 10, 2014

Amerika Serikat minta diplomat India pulang

Amerika Serikat minta diplomat India pulang

#23abfc


Devyani Khobragade didakwa menggaji pembantu di bawah upah standar.



Seorang diplomat India yang penangkapannya di Amerika Serikat menyebabkan ketegangan hubungan diplomatik kedua negara kini pulang ke negara asalnya.

Para pejabat mengatakan Wakil Konsul India di New York, Devyani Khobragade, diminta pulang oleh pihak berwenang Amerika Serikat.

Sebelum meninggalkan wilayah Amerika Serikat, Khobragade didakwa melakukan penipuan visa dan berbohong tentang jumlah gaji yang dia bayar kepada pembantu rumah tangganya.

Namun pihak berwenang memberikan kekebalan diplomatik dalam kasus ini.

Ia membantah dakwaan yang dihadapinya namun dakwaan tersebut tetap disimpan dalam catatan.

Perlakuannya atasnya ketika ditangkap di Amerika Serikat yang antara lain lain diborgol telah menyebabkan kemarahan besar di India dan sempat membuat hubungan kedua negara tegang.

Wartawan BBC untuk Asia Selatan, Andrew North, melaporkan India menegaskan Devyani Khobragade mempunyai kekebalan diplomatik dan menuntut permintaan maaf.

Selain itu India meminta pihak berwenang mencabut semua dakwaan. India melakukan tindakan balasan dengan melarang semua diplomat Amerika mengimpor alkohol dan bahkan mencabut pagar pengaman di luar kompleks kedutaan AS di Delhi.

Kini, lapor Andrew North, kedua negara ingin melanjutkan hubungan hangat.



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
Tribunnews.com Internasional

No comments:

Post a Comment