Pages

Wednesday, March 5, 2014

Serba Serbi Sakit Gigi

#23abfc




Gigi merupakan bagian tubuh yang berperan sangat penting, namun tidak nampak kegunaannya. Sebagian kecil sadar akan pentingnya merawat gigi, namun sebagian besarnya TIDAK.

Apa sih fungsi gigi?

Secara histologis, jaringan gigi dan mulut berasal dari mesoderm dan ektoderm, yang memiliki 3 fungsi utama yaitu, pengunyahan (mastikasi), keindahan (estetika), dan berbicara (phonetic). Dalam mulut, gigi tertanam dalam tulang rahang dan dilindungi oleh gusi (gingiva), dengan bentuk yang berbeda – beda sesuai dengan fungsinya.

1. Gigi Seri (Incisivus)Gigi ini letaknya berada di depan, dan berfungsi untuk memotong makanan (mastikasi). Jumlahnya ada 8, dengan pembagian 4 berada di rahang atas dan 4 berada di rahang bawah. Gigi seri susu mulai tumbuh pada bayi usia 4 – 6 bulan, kemudian diganti dengan gigi seri permanen pada usia 5 – 6 tahun pada rahang bawah dan pada usia 7 – 8 tahun pada rahang atas.

2. Gigi Taring (Caninus)Posisi gigi ini terletak pada sudut mulut, di sebelah gigi seri, dan merupakan gigi yang paling panjang dalam rongga mulut. Fungsinya adalah untuk mengoyak makanan. Jumlahnya ada 4, dengan pembagian 2 ditiap rahang, 1 di kiri dan 1 di kanan. Gigi susu caninus ini diganti dengan gigi caninus permanen pada usia 11 – 13 tahun.

3. Gigi Geraham Kecil (Premolar)Gigi ini jumlahnya 8, dengan pembagian 4 ditiap rahang, 2 di kiri dan 2 di kanan. Gigi ini hanya ada pada gigi dewasa, dan letaknya berada di belakang caninus. Tumbuh pada usia 10 – 11 tahun dan menggantikan posisi dari gigi molar susu. Bersama gigi molar, gigi ini berfungsi untuk melumatkan makanan, dan pada proses orthodontie, gigi ini sering "dikorbankan".

4. Gigi Geraham (Molar)Gigi molar susu berjumlah 8 seperti gigi premolar, kemudian lepas pada usia 10 – 11 tahun dan digantikan oleh gigi premolar. Sedangkan gigi molar permanen tumbuh di belakang gigi premolar setelah gigi molar susu lepas dan digantikan oleh gigi premolar. Jumlah dari gigi molar permanen adalah 12, dengan pembagian 6 di tiap rahang, 3 di tiap sisi kanan dan kiri. Gigi molar permanen inilah yang paling sering berlubang dan menyebabkan keluhan.

Bagi yang belum pernah sakit gigi, jangan sepelekan rasa sakitnya gan!! Ente makan gak nafsu, kerja gak konsen, jalanpe pegangin pipi, tidur kebangun/gabisa tidur, astaga!! Sepele, tapi misal selamanya sakit gigi, ente mau gak tidur terus? Gak makan terus? Tanpa bantuan obat/penyembuhan, ane yakin, ente gabakal betah terus2an sakit gigi

Sakit gigi?

Sakit gigi yaitu rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Setidaknya, sakit gigi dapat menyebabkan kepala pusing dan tidak nyenyak tidur.

Sakit gigi biasanya merujuk kepada rasa sakit di sekitar gigi atau rahang terutama sebagai akibat dari kondisi gigi. Dalam banyak kasus, sakit gigi disebabkan oleh masalah gigi, seperti rongga gigi, gigi retak, suatu akar gigi terekspos, atau penyakit gusi. Namun, gangguan dari (bersama Temporo-mandibula) sendi rahang juga dapat menyebabkan sakit yang disebut sebagai "sakit gigi". Tingkat keparahan sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam dan menyiksa. Rasa sakit dapat diperburuk oleh mengunyah atau dingin atau panas. Sebuah ujian lisan menyeluruh, yang mencakup gigi X-ray, dapat membantu menentukan apakah sakit gigi datang dari masalah gigi atau rahang dan penyebabnya.

Sebuah patung pahat yang menggambarkan seorang pria yang sakit gigi.

Kadang-kadang, sakit gigi mungkin disebabkan oleh masalah yang tidak berasal dari gigi atau rahang. Sakit di sekitar gigi dan rahang dapat gejala penyakit jantung (seperti angina atau serangan jantung ), telinga (seperti eksternal infeksi telinga atau bagian dalam), dan sinus (udara bagian-bagian dari tulang pipi). Misalnya, sakit angina (pasokan darah beroksigen yang tidak memadai ke otot jantung karena penyempitan pembuluh darah ke jantung) biasanya terletak di bagian dada atau lengan. Namun, pada beberapa pasien dengan angina, rasa sakit sakit gigi atau rahang adalah satu-satunya gejala dari masalah hati mereka. Infeksi dan penyakit telinga dan sinus juga dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar gigi dan rahang. Oleh karena itu, evaluasi oleh dokter gigi dan dokter kadang-kadang diperlukan untuk mendiagnosa penyakit medis yang menyebabkan "sakit gigi."

Astaga, betapa beruntungnya agan-agan yang menjaga kesehatan giginya. Namun bagi yang mengalami sakit gigi berikut tipsnya:

1. Kompres Dengan EsUntuk mengobati sakit gigi bisa anda lakukan dengan mengompresnya menggunakan Es. Hal ini sama seperti mengompres bengkak akibat keseleo. Mengompres dengan es akan mengurang rasa sakit karena akan membekukan aliran darah pada pembuluh darah penyebab rasa sakit yang berdenyut, dengan begitu rasa sakit pun akan berkurang.

2. Biji AlpukatBiji alpukat biasanya dibuat menjadi tepung biji alpukat. Siapa sangka selain dapat dibuat tepung ternyata biji alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup dengan membersihkan biji alpukat, tumbuk dan haluskan atau juga bisa menggunakan blender dengan cara di potong-terlebih dahulu, taburkan pada area yang sakit. Hal ini dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi yang kita derita.

3. Tepung Lada

Lada biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Siapa sangka kalau rempah yang satu ini juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Campur lada dengan minyak cengkeh lalu tempelkan ke gigi yang sakit. Bisa menggunakan kapas agar lebih mudah. Hal ini dipercaya dapat menyembuhkan sakit pada gigi.

4. Minyak Cengkeh

Selain sebagai bumbu dapur biasanya cengkeh dimanfaatkan untuk mengusir semut. Beberapa waktu yang lalu saya baru mengetahui kalau ternyata minyak cengkeh juga bisa mengobati sakit gigi. Cukup oleskan ke sekitar gigi yang berlubang, bisa di campur garam. Agar lebih mudah bisa menggunakan bantuan kapas. Minyak cengkeh berfungsi sebagai anti septic untuk mematikan kuman yang ada pada lubang gigi.

5. Garam

Selain bermanfaat untuk mengusir ular dan pacet ternyata garam juga bisa mengobati sakit gigi yang anda alami. Larutkan 1-2 sendok garam ke dalam air hangat, aduk sampai larut. Kemudian berkumurlah dengan air garam tersebut. Hal ini bisa juga dilakukan sebagai terapi agar tidak ada kuman yang bersarang di lubang gigi anda.

6. Bawang PutihUntuk mengobati sakit gigi bisa anda lakukan dengan menggunakan bawang putih. Cara ini sebenarnya sudah lama kita ketahui, mungkin caranya saja yang kurang tepat karena cuma di tempel dari luar. Caranya cukup haluskan bawang putih, bisa di campur dengan sedikit garam, tempelkan ke area yang sakit. Agar lebih mudah gunakan bantuan kapas. Atau dengan memotong tipis bawang putih, lalu campur dengan garam kemudian kunyahkan di gigi yang terasa sakit. Hal ini di percaya dapat menyembuhkan sakit gigi yang kita alami.

7. Bawang Merah

Bawang merah juga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi yang anda alami. Caranya cukup haluskan bawang merah, campur dengan sedikit garam kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Hal ini dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi kita.

8. Cabai Hijau

Selain sebagai sambal, cabai juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi yang kita alami. Panaskan ujung cabai hijau, selagi panas, potonglah ujungnya lalu tempelkan ke bagian gigi yang berlubang. Tingginya kandungan vitamin C pada cabai dapat menyembuhkan sakit gigi yang kita alami.

9. Belimbing Wuluh

Untuk mengobati sakit gigi, kita juga bisa menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur karena rasa asamnya yang dapat membuat masakan jadi lebih segar. Untuk memanfaatkan belimbing wuluh sebagai obat sakit gigi, caranya cucilah belimbing wuluh dengan air bersih, campur dengan garam lalu makan dan usahakan mengenai gigi yang sakit. Kandungan vitamin C pada belimbing wuluh bermanfaat untuk menyembuhkan sakit pada gigi.

10. Mengkonsumsi vitamin CUntuk mengobati sakit gigi bisa dengan cara mengkonsumsi vitamin C lewat buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk. Hal ini dipercaya dapat mengurangi sakit pada gigi yang berlubang.

11. Jeruk NipisJeruk nipis juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Peraslah jeruk nipis dan ambil sarinya. Teteskan pada gigi yang berlubang 5-10 menit sekali. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit yang anda alami memanfaatkan kandungan vitamin C dari jeruk nipis.

12. Asam JawaAsam jawa juga dipercaya bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Sangrailah asam jawa, kemudian tumbuk hingga halus. Gosokkan atau tutupkan ke gigi yang berlubang menggunakan kapas. Orang-orang biasanya menempelkan dari luar ke pipi, cara ini kurang efektif akan lebih baik jika di tempel langsung ke gigi dari dalam. Cara ini dipercaya dapat mengobati sakit gigi yang kita alami.

13. MentimunMentimun juga bisa kita gunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup iris tipis-tipis atau haluskan mentimun, lalu tempelkan ke gigi yang terasa sakit. Bisa menggunakan bantuan kapas. Hal ini dipercaya dapat mengurangi rasa sakitnya.

14. Duri LandakDuri landak merupakan alat perlindungan bagi landak dari serangan musuh. Namun ternyata duri landak tersebut juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Hal ini dikarenakan bulu landak mengandung anti bakteri sehingga sangat membantu untuk menghilangkan bakteri pada gigi yang sakit. Caranya cukup bakar bagian pangkal duri landak, kemudian jadikan serbuk. Taburkanlah serbuk tersebut pada gigi anda yang sakit.

Dampak terburuk dari sakit gigi:

Kematian Akibat Gigi BerlubangApakah gigi berlubang dapat menyebabkan kematian?

Jawabannya adalah ya, apabila gigi tersebut tidak dirawat dan kondisi tubuh yang lemah. Gigi yang berlubang, dapat menjadi jalan yang cukup besar bagi bakteri untuk dapat masuk ke dalam tubuh. Infeksi dari bakteri ini sebenarnya dapat dilawan karena tubuh kita memiliki sel-sel yang berperan sebagai daya tahan tubuh.

Namun, apabila daya tahan tubuh kita sedang lemah, maka infeksi bakteri akan semakin hebat. Pada tahap awal, infeksi masih terlokalisir di daerah ujung akar dari gigi yang berlubang. Biasanya akan timbul rasa tidak nyaman atau sakit saat gigi tersebut dipakai mengunyah atau ditekan. Pada tahap ini bisa ditanggulangi dengan perawatan saluran akar gigi dan penambalan sampai penggunaan antibiotik ataupun pencabutan gigi yang terinfeksi.

Bila tidak dirawat, infeksi akan menyebar ke daerah sekitar mulut seperti pipi dan leher. Kondisi ini dapat dikatakan cukup serius, dan mengharuskan penderita untuk dilakukan pembedahan pada daerah infeksi untuk mengeluarkan nanahnya jika kondisinya memungkinkan. Penderita juga diterapi menggunakan obat-obatan antibiotik. Bila kondisi cukup parah, penderita juga diharuskan untuk dirawat inap di rumah sakit. Dan ada resiko terjadinya kematian jika kondisi pasien sangat lemah, disertai komplikasi penyakit lain ataupun perawatan yang kurang intensif. Gambar di atas adalah gambar dari infeksi dari gigi yang sudah menyebar ke daerah pipi.

Pada beberapa kasus, infeksi yang terjadi cukup hebat dan berlangsung cepat. Infeksi dapat menyebar ke daerah lain yang cukup vital yaitu ke daerah dada dan kepala. Kondisi ini sudah sangat serius dan memerlukan perawatan rumah sakit yang sangat intensif. Pada kondisi ini, khususnya infeksi ke daerah kepala, resiko kematiannya lebih besar lagi.

Dulu cukup banyak kasus kematian akibat infeksi dari gigi yang tidak ditangani dengan baik termasuk di Indonesia. Sekarang, biasanya infeksi ini sudah ditangani sejak tahap awal sehingga resiko penyebaran infeksi dan kematian dapat dihindari. Berikut ini adalah contoh kasus kematian seorang anak akibat infeksi dari gigi yang menyebar ke otak: Dentist: Death From Tooth Infection Preventable.

Sebenarnya untuk menghindari kematian akibat infeksi dari gigi sangatlah mudah. Cukup dengan menyikat gigi dengan baik, benar dan waktunya tepat serta rutin untuk memeriksa kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

No comments:

Post a Comment