Pages

Tuesday, March 25, 2014

Reaksi Hormon saat merasakan Jatuh Cinta

#23abfc




Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya jatuh cinta. Yap, jatuh cinta memang bisa menimbulkan rasa bahagia dan jantung berdebar. Dan itu semua tentu saja terjadi karena reaksi yang terjadi di dalam tubuh kita. Salah satu nya adalah kehadiran hormon dopamin. Hormon ini dilepaskan ketika seseorang jatuh cinta hingga mereka merasa gembira dan memiliki semangat baru. Berikut hormon lain yang bereaksi dalam tubuh kita saat sedang jatuh cinta:

Oksitoksin

Ini merupakan hormon penting penyehat tubuh. Bahan kimia yang dihasilkan menciptakan ketenangan tubuh, memiliki efek anti inflamasi, dan anti penuaan.  "Hormon ini akan bekerja ketika berpelukan, berciuman, bahkan bersentuhan," kata Fisher, peneliti asal Universitas Rutgers di New Brunswick.

Tetosteron

Hormon ini memang ada dalam tubuh pria. Tapi, pada dasarnya tetosteron juga bekerja pada wanita. Transfer hormon ini bisa terjadi saat berciuman. Ini mengapa saat berciuman, gairah jadi meningkat. "Saat bercinta kadar tetosteron mengalami peningkatan," kata Helen Fisher, PhD.

Norepinefrin

Ini merupakan salah satu bahan ramuan cinta. Sebuah penelitian mengatakan bahwa hormon ini merupakan hormon stres yang dapat meningkatkan denyut jantung. Menurut Fisher, hormon ini juga menciptakan rasa canggung. Tak heran jika pasangan yang sedang jatuh cinta sering berdebar dan gugup. [dreamers]

No comments:

Post a Comment