Pages

Sunday, March 30, 2014

Pertanyaan Terlarang 5 menit pertama Pertemuan

#23abfc




Ketika bertemu orang-orang baru, suka bingung bagaimana memulai percakapan yang mengakrabkan suasana. Iya, kan? Terutama kalau Anda tidak tahu sama sekali latar belakang orang tersebut. Karena itu, perlunya berhati-hati bertanya untuk meninggalkan kesan pertama yang mantap. Bila Anda tidak mau menanggung malu dan dianggap tidak sensitif, hindari pertanyaan-pertanyaan berikut jika Anda baru berkenalan selama 5 menit.

"Anda orang apa?"

Pertanyaannya sedikit berbau rasisme, tuh. Bila ingin mengetahui tentang latar belakang seseorang, lebih baik bertanya "Anda dari mana?" atau "Anda dibesarkan di mana?"

"Berapa umur Anda?"

Pertanyaan ini tidak sopan, sangat tidak sopan. Pertanyaan ini seakan-akan umur sangat berarti dalam hubungan pertemanan Anda. Masalah umur akan terungkap sendiri atau secara natural, kok, dalam percakapan nantinya. Tunggu saja.

"Punya pacar?"

Apakah status relationship seseorang mengubah cara Anda berbicara pada mereka? Jawabannya mungkin iya kalau Anda tertarik secara romantis pada mereka. Tetap saja, pertanyaan ini terkesan agresif bila baru berkenalan selama lima menit.

"Kenapa masih single?"

Tidak ada satu orang pun yang tahu kenapa mereka masih single. Juga, mereka tidak pernah meneliti alasan mereka belum menemukan seseorang yang cocok buat dijadikan pacar.

"Darimana nama Anda berasal?"

Pertanyaan ini dianggap trik untuk mengetahui lawan bicara berasal dari suku bangsa apa. Dengan kata lain, ini merupakan pertanyaan yang menjurus ke rasisme juga.

"Siapa nama Anda tadi?"

Memang, ada orang yang sulit mengingat nama orang lain yang baru dikenalnya. Bukan masalah bila Anda meminta orang tersebut mengulang menyebutkan namanya, tapi tidak diminta tiga kali dalam lima menit.

Sebaiknya, tunggu sampai orang tersebut pergi dan tanyakan pada teman yang lain siapa nama orang tadi. Atau, tunggu sampai 10 menit sebelum menanyakan nama mereka lagi. Saat bertanya lagi, anggap orang tadi juga lupa nama Anda.

"Apa pekerjaan Anda?"

Orang yang bertanya seperti ini biasanya, nih, orang yang ingin memamerkan pekerjaan mereka—yang mereka sendiri anggap luar biasa.[citacinta]

No comments:

Post a Comment