Pages

Saturday, March 8, 2014

Belimbing, Buah Manis Penyehat Jantung

#23abfc




Buah belimbing adalah satu dari sekian banyak buah tropis yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Buah belimbing juga sering disebut dengan star fruits karena bentuknya yang menyerupai bintang. Buah belimbing memiliki citarasa yang manis dan asam, berwarna kuning kehijauan dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari seperti tumbuhan tropis lainnya. Seperti halnya buah-buahan tropis lainnya, buah belimbing juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk meningkatkan kesehatan.

Dalam 100 gr buah belimbing terdapat kandungan nutrisi seperti; karbohidrat 6,73 g, Gula 3.98 g, serat 2,8 g, Protein 1,04 g, Asam pantotenat (B5) 0,39 mg (8%), Folat (Vit. B9) 12 mg (3%), Vitamin C 34,4 mg (57%), Fosfor 12 mg (2%), Kalium 133 mg (3%), Seng 12 mg (1%).

U.S. Department of Agriculture's merekomendasikan konsumsi belimbing untuk mencukupi kebutuhan serat harian tubuh. Buah belimbing mengandung serat larut air yang baik untuk mencegah penyakit diabetes dan kolesterol tinggi. Studi yang dipublikasikan dalam Nutrition Reviews pada 2006 menyebutkan bahwa konsumsi serat larut dapat mencegah tekanan darah tinggi, stroke, obesitas dan gangguan pencernaan.

Buah belimbing kaya Vitamin C, A dan folat. Kandungan Vitamin C per 100 gr buah belimbing dapat mencukupi kebutuhan Vitamin C tubuh sebesar 59 persen, dan dapat menghindarkan Anda dari penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur.

Dengan kandungan potasium dan fosfor yang terkandung didalamnya, buah belimbing dapat mencegah pengeroposan tulang akibat bertambahnya usia, mencegah gangguan kardiovaskuler dengan cara melebarkan pembuluh darah dan mencegah kram otot saat melakukan aktivitas berat.

Studi yang dilakukan National University of Singapore menemukan kandungan polifenol pada buah belimbing. Polifenol merupakan antioksidan yang berfungsi sebagai anti-kanker dan mencegah penuaan dini. Selain itu, buah belimbing juga mengandung epicatechin, antioksidan lain yang melindungi tubuh dari risiko diabetes, stroke dan serangan jantung.

Inilah bukti bahwa manfaat belimbing sebanding dengan kesegaran rasanya. Selamat menikmati buah belimbing![duniafitnes]

No comments:

Post a Comment