Pages

Wednesday, February 12, 2014

Makanan yang membantu Pulihkan Konsentrasi

#23abfc




Konsentrasi adalah salah satu faktor yang dapat membuat Anda menjadi fokus melakukan sesuatu. Saat kita konsentrasi, tentunya apapun yang kita kerjakan akan berjalan dengan baik dan begitu juga sebaliknya. Namun, seiring bertambahnya umur daya konsentrasi seseorang akan semakin berkurang yang terkadang dikesalkan oleh sebagian orang karena dianggap menghambat aktivitas. Tapi Anda tak perlu khawatir, berikut ini adalah makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengembalikan konsentrasi Anda:

Kafein

Walaupun mengonsumsi kafein berlebihan tidak baik untuk tubuh, amun kafein dapat memberi energi dan membantu Anda tetap fokus dan konsentrasi. Kafein dapat ditemukan di kopi, cokelat, minuman energi, dan beberapa obat-obatan. Tak hanya itu, kafein juga dapat memberikan 'getaran' yang dapat membuat Anda cepat sadar meskipun masih dalam jangka pendek. Namun, walaupun kafein dapat memulihkan konsentrasi Anda, konsumsilah dengan porsi yang cukup karena jika Anda mengonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Ikan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau banyak protein yang terkandung dalam ikan yang dapat meningkatkan performa otak besar. Selain kaya dengan protein, ikan juga mengandung omega 3 dan asam lemak yang penting untuk fungsi otak dan pembangunan tubuh. Tak hanya itu ikan juga dihubungkan dengan penurunan risiko demensia dan stroke, penurunan mental lebih lambat dan mampu meningkatkan memori dan tentunya dapat membantu memulihkan konsentrasi Anda.

Gandum dan susu

Gandum dan susu merupakan asupan yang sering dikonsumsi orang untuk sarapan. Namun, terkadang tak banyak orang yang mengabaikan sarapan karena faktor tidak punya waktu maupun diet. Padahal beberapa ahli kesehatan mengemukakan bahwa dengan menyantap sarapan dapat membantu Anda untuk fokus dan berkonsentrasi. Tapi sarapan yang berlebihan juga dapat membuat Anda tidak dapat berkonsentrasi karena terlalu kenyang dan malah membuat Anda menjadi mengantuk.

Vitamin, mineral dan suplemen

Vitamin, mineral dan suplemen seperti vitamin B, C, E, beta-karoten, dan magnesium disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang dapat menguatkan otak atau konsentrasi seseorang. Padalah faktanya ketiga hal tersebut hanya digunakan untuk para pendiet dengan jumlah nutrisi yang rendah. Bahkan para peneliti justru optimis pada kekuatan ginseng, ginkgo dan kombinasi herbal untuk otak. Namun, udah memastikannya sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.

Konsentrasi memang merupakan salah satu faktor penunjang lancarnya aktivitas seseorang. Mulai saat ini, sudah saatnya Anda menerapkan pola hidup sehat. Selain dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit juga dapat membuat tubuh Anda menjadi bugar dan segar.[meetdoctor]

No comments:

Post a Comment