Pages

Sunday, February 23, 2014

Lukisan-lukisan Aneh di Gua-gua Misterius di Indonesia

Gua Kontilola, Papua





Gua Kontilola berada di Wamena, Papua. Akses menuju gua ini masih sulit, sebab gua ini berada terpencil di sekitar Lembah Baliem. Gua ini dihuni ribuan kelelawar bak istana kerajaan. Selain itu, banyak lukisan aneh menyerupai manusia dan wajah alien yang terpampang di dinding gua. Konon, lukisan aneh tersebut tidak dibuat oleh manusia. Gua Kontilola pun masih menyimpan sejuta misteri di luar nalar yang belum terpecahkan. Terutama belum ada yang bisa menjawab dari mana asal lukisan-lukisan itu hingga sekarang.

Gua Pettae Kere, Sulawesi Selatan





Gua Pettae Kere atau lebih populer dengan Gua Leang-leang punya banyak lukisan telapak tangan manusia dan seekor babi rusa misterius yang bisa traveller lihat jelas di dinding gua. Lukisan tersebut diduga sudah berumur 5.000 tahun. Van Heekeren dan Heeren Palm, arkeolog Belanda menyusuri gua ini tahun 1950 dan banyak menemukan bukti kehidupan masa lampau. Gua ini berada di Kabupaten Maros, Sulsel. Rupanya sejak zaman pra sejarah, gua ini sebagai tempat berlindung orang-orang pada zaman itu.

Gua Tabuhan-Gua Gong, Jawa Timur





Bila ke kampung halaman Presiden SBY di Pacitan, Jatim, wajib memasukkan Gua Tabuhan dan Gua Gong dalam itinerary. Traveller akan dibuat kagum oleh stalaktit dan stalagmit batu kapur yang menimbulkan suara merdu bak tabuhan gamelan Jawa dan bisa ditabuh sesuai dengan urutan tangga nada. Di sana setiap hari para seniman berkumpul menciptakan musik merdu untuk para pengunjung. Traveler harus melalui ratusan anak tangga terlebih dahulu sebelum menikmati isi gua yang paling dalam. Gua Tabuhan ada di Desa Wereng dan Gua Gong ada di Desa Bomo di Kecamatan Punung, Pacitan.

Gua Liang Kobori, Sulawesi Tenggara





Gua Liang Kobori terletak di Desa Mabolu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Gua ini tersusun dari bebatuan stalaktit dan stalagmit berwarna kehitaman. Di dalam gua ini, traveller bisa menyaksikan 130 lukisan-lukisan antik gambaran kehidupan Suku Muna sejak zaman pra sejarah. Diduga lukisan tersebut sudah ada sejak 4.000 tahun silam. Saat melintasi gua ini, traveller tentu akan melihat gambaran beberapa mata pencaharian Suku Muna untuk bertahan hidup pada kala itu.

Keren!

Gua Batu Cermin, Nusa Tenggara Timur





Labuan Bajo di NTT, punya gua unik dimana traveller bisa bercermin pada stalaktit dan stalagmit yang terdapat di dalam gua itu, Gua Batu Cermin namanya. Gua ini berada di sisi timur Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Gua ini rupanya belum banyak dijamah wisatawan. Gua ini ditemukan seorang Arkeolog asal Belanda bernama Theodore Verhoven, tahun 1951. Sebenarnya memang tidak ada cermin yang dipasang di dinding gua. Hanya saja ada terowongan yang berlubang. Jika siang hari terpantul oleh sinar matahari sehingga menyebabkan pantulan mirip cermin.

Gua Jepang, Papua

#23abfc




Selain Gua Kontilola, kisah misterius gua yang mistis pun mewarnai Gua Jepang di Biak, Papua. Gua tersebut menjadi tempat berlindung 6.000 tentara Jepang saat Perang Dunia II. Di komplek gua ini juga terdapat beberapa benteng yang masih utuh dan juga bisa traveller susuri. Ada juga sisa-sisa alat peperangan yang sudah berkarat berserakan di tanah. Namun, di tahun 1944, gua ini dibom pleh pasukan Sekutu yang dipimpin Jenderal Douglas MacArthur.Di gua ini pula, rumornya ada 6.000 tentara Jepang yang terkubur hidup-hidup begitu saja.

No comments:

Post a Comment