Pages

Wednesday, February 12, 2014

Kenali Jenis-jenis Asma

#23abfc




Penyakit asma adalah kondisi terjadinya pembengkakan dan peradangan pada saluran udara yang mengarah ke paru-paru Anda. Ketika asma kambuh, saluran udara akan mengencang dan menjadi sempit. Hal inilah yang menyebabkan udara tidak dapat lewat dengan mudah, sehingga membuat Anda sulit untuk bernapas. Penyakit asma dapat timbul kapan saja dan di mana saja. Tapi tahukah Anda bahwa penyakit ini memiliki 3 tipe? Berikut, tiga tipe penyakit asma yang wajib Anda ketahui guna mempermudah Anda dalam pengobatan penyakit yang sangat mengganggu ini.

Allergies dan Asthma

Alergi dan asma saling berkaitan. Allergic rhinitis merupakan suatu peradangan pada lapisan dalam hidung dan termasuk alergi kronis yang paling umum. Pada penderita Allergic rhinitis, sensitivitas alergi meningkat menjadi zat penyebab pembentukan sel-sel kekebalan tubuh guna melepaskan histamin (senyawa tubuh) dalam menanggapi kontak dengan zat-zat penyebab alergi (alergen). Alergen yang paling umum memasuki tubuh biasanya berlangsung melalui proses pernapasan. Pada kasus Allergic rhinitis beberapa gejala umum yang sering ditimbulkan seperti: hidung berlendir mendadak secara konstan, bersin yang berkepanjangan, saluran hidung menjadi bengkak, mata berair dan terasa gatal pada tenggorokan. Konsultasikan kepada dokter dan minumlah obat-obatan yang telah diberikan dokter guna mencegah terjadinya asma dan alergi.

Exercise-Induced Asthma

Exercise-induced asthma merupakan salah satu asma yang dipicu oleh olahraga atau aktivitas fisik. Banyak penderita asma mengalami gejala asma justru saat mereka berolahraga. Banyak pula orang tanpa asma, termasuk para atlet Olimpiade, yang mengalami gejala asma hanya selama mereka berolahraga. Asma jenis ini dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan menyempit pada 5-20 menit setelah latihan dimulai, sehingga Anda akan kesulitan untuk bernapas. Gejala pada tipe ini biasanya dimulai dengan batuk dan nafas yang bersuara. Penggunaan inhaler asma (bronkodilator) dapat menjadi pilihan Anda untuk digunakan sebelum memulai olahraga untuk mengurangi risiko terjadinya serangan asma.

Cough-Variant Asthma

Dalam jenis asma Cough-Variant Asthma, batuk berat dengan asma adalah gejala dominan yang terjadi. Selain itu, terdapat beberapa penyebab batuk berupa postnasal drip, rinitis kronis, sinisitis, atau gastroesophageal reflux disease (GERD atau mulas). Batuk karena sinusitis dengan asma adalah hal yang umum. Asma adalah penyebab serius dari batuk terjadi secara umum saat ini. Cough-Variant Asthma sangat kurang terdiagnosis dan sulit diobati. Pemicu Cough-Variant Asthma biasanya infeksi saluran pernapasan dan olahraga. Jika batuk Anda sudah terjadi berkepanjangan, lakukan pengecekan pada dokter spesialis paru-paru. Segeralah konsultasikan dengan dokter dan mintalah rujukan untuk tes fungsi paru-paru guna melihat kinerja paru-paru Anda.

Semoga penjelasan mengenai tiga tipe penyakit Asma dapat membantu Anda , sehingga dapat menangani penyakit ini dengan tepat dan benar apabila sedang kumat.[meetdoctor]

No comments:

Post a Comment