Pages

Friday, July 5, 2013

Laut Kuning di China Jadi Hijau

#fd452a




[imagetag]


Wisatawan yang sedang berlibur dan menikmati pantai di Laut Kuning China, menjumpai fenomena alam yang aneh. Laut Kuning menjadi hijau akibat serbuan alga yang berwarna hijau. Wisatawan pun terpaksa berenang bersama alga.

Beraneka foto yang beredar memperlihatkan para wisatawan terpaksa berenang bersama alga di Qingdao. Di pinggir pantai, buldozer tampak mengeruk dan membuang berton-ton alga.

Badan Kelautan Negara China mengatakan alga berjenis Enteromorpha prolifera mulai muncul seminggu lalu dan sudah menyebar di kawasan seluas 28.900 km persegi. Kejadian ini lebih para dari pada tahun 2008.

Menurut kantor berita Xinhua seperti dilansir News.com, Kamis (4/7/2013) pemerintah Qingdao udah mengeruk 7.335 ton alga. Professor Bao Xianwen dari Ocean University of China mengatakan para ilmuwan masih meneliti penyebab melonjaknya jumlah alga hijau ini.

"Pasti ini terkait dengan perubahan lingkungan, tapi kami secara ilmiah belum tahu penyebabnya apa," kata Xianwen.

Wisatawan pun pasrah, mereka terpaksa berenang dan bermain di tengah alga-aga hijau itu. Alga ini dinyatakan tidak beracun, namun bisa menghabiskan kandungan oksigen di dalam air laut. Selain itu, berenang bersama alga yang menempel di kulit, mungkin menjijikan bagi sebagian wisatawan.

[imagetag]



#23abfc


[imagetag]



sumber | unikanehdunia-2.blogspot.com | http://travel.detik.com/read/2013/07/05/071846/2293241/1382/jijik-laut-kuning-di-china-jadi-hijau?991104topnews



No comments:

Post a Comment