Pages

Wednesday, July 17, 2013

Jenis Phobia teraneh didunia

#23abfc


[imagetag]


Beberapa manusia memiliki satu atau dua fobia sekaligus dalam hidupnya. Kebanyakan fobia yang terjadi pada manusia adalah fobia pada benda atau hewan akibat trauma yang berkepanjangan. Tetapi ada lho beberapa fobia yang tidak biasa yang terjadi pada manusia modern saat ini. Berikut beberapa ketakutan alias fobia ekstrem dan tak biasa yang dialami manusia.



Cathisophobia (Takut Duduk)


Duduk adalah kegiatan sehari-hari yang selalu dan pasti dilakukan oleh setiap orang. Gangguan ini dapat dipicu oleh kasus seperti wasir, tetapi dalam beberapa kasus yang serius dapat disebabkan oleh kekerasan fisik yang berkaitan dengan duduk di atas benda tajam atau menyakitkan. Terkadang, rasa takut duduk juga bisa disebabkan oleh beberapa hukuman saat di sekolah, atau mungkin indikasi beberapa fobia lainnya seperti duduk di depan orang elit dan memiliki pengaruh. Cathisophobia biasanya ditandai dengan berkeringat, berat atau pendek bernapas, dan kecemasan.



Arachibutyrophobia (Takut Selai Kacang)


Arachibutyrophobia adalah ketakutan berlebih bila ada selai kacang menempel di langit-langit mulut. Ketakutan ini sepertinya memang aneh, entah imajinasi atau khayalan yang terlalu tinggi sehingga membuat pengidapnya takut berlebihan. Gangguan ini nampaknya cukup banyak berpengaruh dan yang dapat disarankan adalah hindari untuk membeli sesuatu dengan selai kacang. Salah satu penderitanya menduga hal ini terjadi akibat trauma karena dipaksa untuk memakan selai kacang dan sandwich jeli setiap hari. Sehingga, ketika berhadapan dengan si selai kacang penderitanya akan merasa langit-langit mulutnya kasar dan gatal, haus, dan panik hingga sesak napas.



Pediophobia (Takut Boneka)


Takut pada boneka adalah ketakutan yang mencakup pada seluruh jenis dan bentuk boneka, tidak hanya pada boneka-boneka yang seram saja. Sebenarnya ini adalah representasi ketakutan terhadap makhluk hidup palsu. Sigmund Freud percaya bahwa gangguan ini dapat timbul akibat ketakutan bahwa boneka itu akan hidup.



Mageirocophobia (Takut Memasak)


Kata mageirocophobia berasal dari kata Yunani mageirokos yang berarti orang yang ahli dalam memasak. Gangguan ini dapat melemahkan penderita dan berpotensi menyebabkan turunnya kesehatan karena makanan yang tidak sehat jika penderitanya hidup sendirian. Penderita mageirokos dapat merasa sangat terintimidasi oleh orang-orang dengan keterampilan memasak. Dan intimidasi serta perasaan ini diperkirakan sebagai kemungkinan penyebab dari banyak gangguan pada banyak orang.

Agyrophobia (Takut Jalanan)


Agyrophobics adalah rasa takut untuk menyeberangi jalan raya dan jalan lainnya. Tentu saja hal ini membuat penderitanya sangat sulit untuk hidup nyaman di kota. Kata agyrophobics berasal dari Yunani, gyrus, yang berarti memutar atau berputar sebagai fobia yang menghindari pusaran lalu lintas. Fobia ini meliputi beberapa kategori, di mana penderita mungkin takut jalan lebar khusus ke pinggiran jalan jalur tunggal, dan juga dapat mencakup rasa takut menyeberang jalan atau persimpangan di mana saja di jalan, bahkan persimpangan yang sudah didesain. Fobia ini dianggap memiliki keterkaitan dengan fobia terhadap mobil.



Eisoptrophobia (Takut Cermin)


Eisoptrophobia adalah ketakutan pada cermin dalam arti yang luas. Atau lebih khusus ketakutan ini dimasukkan ke dalam kontak dengan dunia spiritual melalui cermin. Penderita mengalami kecemasan berlebihan meskipun mereka menyadari ketakutan mereka tidak rasional. Ini dapat terjadi karena ketakutan mereka sering didasarkan pada takhayul, penderitanya mungkin khawatir bahwa memecahkan cermin akan membawa nasib buruk atau melihat ke cermin akan menempatkan mereka dalam kontak dengan dunia supranatural di dalam kaca.



Pentheraphobia (Takut Ibu Mertua)


Ketakutan terhadap ibu mertua biasanya banyak dialami oleh kaum hawa tetapi siapa sangka kalau hal ini bisa sampai membuat seseorang menjadi fobia. Hal ini tentu dialami oleh mereka yang sudah menikah. Tak hanya di Indonesia rupanya, ketakutan ini juga menjadi salah satu yang sangat umum di masyarakat Barat dan sering muncul dalam film dan bentuk hiburan lainnya. Dari sekian banyak terapi yang tersedia untuk penyakit ini, ternyata perceraian menjadi pilihan yang paling populer, namun jangan sampai berakhir seperti ini ya. Fobia lain yang juga terkait dengan fobia ini adalah novercaphobia yang merupakan ketakutan pada ibu tiri.

No comments:

Post a Comment