Pages

Monday, July 29, 2013

Leher Kesemutan tanda Kolesterol (?)



[imagetag]
Beberapa hari yg lalu, saya makan bebek goreng. Setelah itu, satu jam kemudian kepala saya sakit sekali dan leher terasa kesemutan. Apakah ini gejala kolesterol? Apakah kolesterol bisa menyerang remaja? Apa saja gejala-gejala awal kolesterol tinggi dan makanan apa yang harus dihindari supaya tidak kena kolesterol? ~ Rizka, 18 tahun





#23abfc


[imagetag]
Jawaban oleh dr. Heru Sutanto Koerniawan

Kolesterol adalah suatu substansi normal yang harus berada dalam tubuh. Kolesterol dibutuhkan untuk cadangan energi dan menjaga keutuhan sel-sel tubuh. Namun ketika kolesterol dikonsumsi berlebihan (kolestrol LDL atau kolestrol Jahat), banyak sekali permasalahan yang akan timbul. Salah satunya adalah penumpukan plak di saluran pembuluh darah, yang berpotensi merusak organ-organ yang dialiri oleh pembuluh darah tersebut, karena asupan darah dan energi yang mengalir melalui pembuluh darah tersebut menjadi berkurang. Tidak ada gejala fisik yang ditimbulkan oleh kelebihan kolesterol jahat, namun gejala biasanya muncul untuk penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan kelebihan kolesterol, misalnya penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit kardiovaskuler lainnya.



Yang harus diingat adalah, kelebihan kolestrol bukanlah penyakit. Namun apabila kadar kolestrol jahat dalam darah tinggi sekali, ini akan meningkatkan risiko pembentukan plak di pembuluh darah dan menyebabkan kerusakan organ-organ yang dialiri oleh pembuluh darah tersebut. Kolestrol tinggi juga dapat menyebabkan hipertensi, karena meningkatnya tekanan resistensi pembuluh darah. Makanan gorengan yang menggunakan minyak yang dipakai terus menerus harus dikurangi. Banyaklah berolahraga untuk meningkatkan kolestrol baik (HDL) yang dapat membantu mencegah pembentukan plak yang bertanggung jawab dalam penyempitan di pembuluh darah. Perbanyak makanan tinggi serat dan yang mengandung antioksidan untuk mencegah kerusakan pembuluh darah dan organ. Daging sirloin dan kuning telur juga harus dikurangi.



Karena Anda masih berumur 18 tahun, jangan sampai malah jadi menghindari makanan tersebut sama sekali. Tidak apa-apa tetap dikonsumsi, namun tetap dijaga porsinya sehingga cukup nutrisi, kolestrol, karbohidrat, vitamin, serat, dan kalori, dan perkembangan tubuh Anda dapat optimal dan tidak berlebihan. Lakukan olah raga teratur minimal tiga kali seminggu dan 30 menit sehari. Anda dapat mencoba mencari informasinya di Meetdoctor tentang bagaimana mengatur pola makan yang kaya nutrisi, seimbang, dan bebas kolesterol. Terima kasih dan selamat hidup sehat.

No comments:

Post a Comment