Pages

Tuesday, July 9, 2013

Kota ini adalah Kota Paling Berbahaya di Dunia

#fd452a




Goma terletak di kaki gunung api Nyiragongo, salah satu gunung teraktif di dunia namun jarang diteliti karena berbatasan dengan Rwanda yang sedang berperang.





                     
#23abfc


[imagetag]

 





Gunung dengan tinggi 3400 mdpl ini terletak di sisi timur Republik Demokratik Kongo (RDK) dan Goma yang berpenduduk satu juta jiwa selalu menerima limpahan korban pembantaian dari negara tetangga, Rwanda dan selalu dijaga oleh 20.000 pasukan Perserikatan Bangsa Bangsa.

Januari 2013 letusan Nyiragongo menyemburkan batuan leleh yang mengalir menuju Goma, meski tahun-tahun sebelumnya selalu ada letusan seperti itu. Banyak dari penduduk mendirikan rumah di lembah Albertine yang dianggap daerah pemukiman paling berbahaya.

Seorang vulkanolog Italia, Dario Tedesco memusatkan perhatian ke Nyiragongo selama 15 tahun terakhir. Menurutnya gunung api itu akan terus menerus meletus, dan mungkin mengubah Goma menjadi Pompeii masa kini. "Goma adalah kota paling berbahaya di dunia," ujar Tedesco.

Pada 1977, lava meluncur deras melalui pegunungan dengan kecepatan lebih dari 95 kilometer per jam, aliran tercepat dan menyebabkan ratusan orang tewas, meskipun lava sudah mengeras sebelum mencapai pusat kota. Lava itu mengarah ke danau Kivu.

Pada 2002 gunung api itu juga menyemburkan lebih dari 11 juta meter kubik lava ke pusat kota Goma, dan menghancurkan 14 ribu rumah, mengubur bangunan hingga ke bagian atas lantai pertama, dan memaksa 350 ribu warga lari menyelamatkan diri. [tjs]

sumber | unikanehdunia-2.blogspot.com | http://web.inilah.com/read/detail/2007533/ini-kota-paling-berbahaya-di-dunia#.UdpgjteE2RE



No comments:

Post a Comment