Pages

Thursday, November 14, 2013

Reaksi Orang Awam saat salah menyapa Seseorang

#23abfc


[imagetag]


Menyapa seseorang dengan ramah dan menyebut nama adalah hal biasa yang sesungguhnya luar biasa.Sapaan terhadap seseorang jangan dianggap remeh dan biasa-biasa saja. Menyapa dengan ramah akan mengundang keramahan-keramahan lain berdatangan silih berganti.Kita menabur ketidakramahan, akan menuai ketidakramahan pula. Banyak memberi senyum, akan banyak menerima tawa. Banyak mengobral cemberut, akan banyak pula memanen kesinisan orang. Tetapi kalau kita salah menyapa seseorang, apa yang didapat ya?? Ketika di jalan atau ada di suatu acara, kita menyapa seseorang tetapi yang disapa malah bingung dan diam seribu bahasa apalagi malah balik bertanya kita itu siapa. Berikut adalah reaksi orang paling umum saat salah menyapa orang lain:

Tersenyum


Kita pasti langsung tersenyum apabila kita mengetahui apabila yang kita sapa adalah orang yang salah. Secara spontan sensasi ini akan membuat kita seperti orang yang murah tersenyum karena tidak dibuat.



Meminta Maaf


Otomatis yang seringkali terlintas saat kita salah menyapa seseorang adalah meminta maaf dan langsung pergi. Mminta maaf emang hal yang biasa, tetapi kalau minta maaf terkena kejadian seperti ini pasti dialami hanya sekali seumur hidup dan tidak mau mengalaminya lagi.

Malu

Ketika kita menyapa dari belakang dan yang disapa malah bingung bisa tengsin kan jadinya alias malu. Apalagi sebelumnya kita memanggil/menyapa dengan suara yang keras seperti lama tidak bertemu seseorang, malunya bisa bikin muka kita memerah loh.



Terkejut/Kaget


Salah satu ekspresi yang paling murni adalah sama-sama terkejut. Yang menyapa kaget dan yang disapa kaget juga, terkejutnya hampir sama seperti seseorang yang mempunyai phobia terhadap sesuatu.



Kabur


Saat salah menyapa dan kita menyadarinya, adrenalin tubuh kita akan langsung bekerja sehingga kita akan berlari kabur tanpa berpikir lagi. Sambil senyum sedikit terus kabur.



Ajak Basa Basi


Kalo udah salah dan udah menyapa, jalan terbaik adalah ajak Basa Basi. Mungkin kita bisa bertanya mengenai tempat atau apapun jadi seolah-olah kita memang ingin bertanya bukan salah menyapa. Tetapi biasanya ini membutuhkan spontanitas untuk melakukannya, yang ditanyakan biasanya hal-hal tidak penting.



Heran


Ketika kita salah menyapa orang, seringkali kita pun terdiam dengan heran "kok bisa salah ya?" Padahal menurut kita itu orang yang kita kenal. Pasanglah muka heran atau muka terjelek kita seolah-olah kok bisa salah? Otomatis orang tersebut malah akan simpati ama kita atau menertawakan kita.

No comments:

Post a Comment