Pages

Friday, November 22, 2013

Tips Mencegah Kebotakan (Untuk Pria)

#23abfc


[imagetag]


Rambut sangatlah identik dengan kerontokan, dan kerontokan sendiri merupakan awal dari kebotakan. Kasus kebotakan memang merupakan mimpi buruk bagi pria. Menjelang usia senja, banyak sekali pria yang kehilangan helai-helai rambutnya, yang pastinya sulit bahkan mustahil untuk tumbuh kembali. Tetapi banyak juga pria yang mengalami kebotakan dalam usia muda atau biasa disebut kebotakan dini. Penyebab kebotakan sendiri terdiri dari beberapa faktor, yaitu faktor pribadi dan juga faktor keturunan. Jika orang tua Anda mengalami kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan, kemungkinan besar Anda akan mewarisi hal yang terjadi pada orang tua Anda. Bisa juga karena faktor pribadi dimana mungkin Anda kerap bergonta-ganti warna rambut, atau mungkin menggunakan alat catok yang panasnya bisa mengganggu perkembangan akar rambut.Anda mengalami kerontokan yang cukup hebat dan menuju kepada kebotakan? TalkMen memiliki beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengurangi kerontokan rambut Anda, demi menjaga penampilan Anda, terutama Anda yang masih berada di usia muda.



Pastikan Anda tidak kekurangan zat besi


Salah satu kandungan dalam makanan yang harus Anda perhatikan adalah zat besi. Kekurangan zat besi memang bisa membuat badan Anda terasa lemas dan juga sakit kepala. Ternyata, kekurangan zat besi juga bisa menjadi faktor penyebab kerontokan rambut, karena ketika tubuh Anda kekurangan zat besi, kandungan feritin dalam tubuh Anda juga akan ikut turun. Untuk memastikan Anda tidak kekurangan zat besi, biasakan untuk mengonsumsi kacang-kacangan, ikan, daging, dan juga sayur-sayuran secara teratur untuk menjaga kadar zat besi yang ada didalam tubuh Anda untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut Anda.

Relax


Pria memang identik dengan sosok yang penuh emosi dan pemikir. Stress juga merupakan penyebab utama kebotakan pria pada umumnya, karena saat Anda berpikir keras dan berujung pada stress, hormon pria akan keluar secara berlebih, dan kandungan testosteron dan dihidrotestosteron dapat berdampak buruk untuk rambut Anda. Ketika hormon tersebut masuk dan meresap kedalam batang rambut Anda, itu akan mengakibatkan kualitas rambut menjadi turun karena hormon tersebut menyebabkan helai-helai rambut Anda menjadi tidak tebal, dan pastinya mudah rontok. Biasakan menjaga mood Anda agar tetap relax dan tidak terlalu banyak pikiran.



Jangan menyisir terlalu keras


Mengatur rambut dengan sisir ataupun dengan tangan memang lumrah adanya. Tetapi ternyata menyisir bisa menjadi salah satu faktor penyebab kerontokan pada rambut Anda. Menyisir atau menggaruk kepala Anda dengan gerakan yang kencang dapat menyebabkan akar rambut Anda ikut tertarik bersama sisir atau tangan Anda, yang nantinya menyebabkan kerusakan pada folikel rambut Anda. Rambut yang tercabut dari akar akan sulit untuk tumbuh kembali. Dilengkapi dengan folikel rambut yang rusak, yang pastinya akan semakin mempersulit pertumbuhannya.



Hindari pewarnaan rambut


Memang poin yang satu ini cukup jarang dilakukan oleh pria, tetapi sebagian pria juga masih menyukai poin ini. Mewarnai rambut dengan warna coklat atau mungkin menghitamkan rambut untuk menutupi rambut yang kemerahan karena sengatan matahari memang merupakan sebuah solusi, tetapi hal tersebut merupakan solusi yang memiliki dampak buruk.Cat atau pewarna rambut pastinya mengandung bahan kimia dengan dosis yang cukup tinggi, dimana kandungan tersebut diisi oleh bahan kimia para-phenylenediamine yang bisa menyebabkan alergi kronis dan dermatitis pada kulit kepala dan rambut Anda yang bisa menjadi penyebab kerontokan.



Berhenti merokok


Beberapa studi dan penelitian menjelaskan bahwa rokok bisa menjadi penyebab rambut rontok yang berujung pada kebotakan. Hal itu disebabkan dari kebiasaan merokok yang bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan suplai darah ke folikel rambut berkurang. Selain merusak kesehatan paru-paru, jantung, serta organ tubuh lainnya, rokok ternyata juga menyebabkan kerontokan dan kebotakan yang pastinya dihindari oleh para pria, terutama pria yang masih relatif muda. Mungkin berhenti merokok bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghindari kerontokan pada rambut Anda.

Kebotakan pria sendiri bisa dimulai sejak umur 20an atau 30an. Itu berarti tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mengalami hal ini dalam usia yang relatif muda. Berbagai obat beredar dipasaran yang konon katanya bisa meredakan kerontokan rambut Anda. Ada juga yang berfungsi untuk menumbuhkan kembali rambut Anda. Jika Anda tidak percaya dengan bahan-bahan kimia, Anda juga bisa menggunakan cara-cara tradisional yang diwariskan oleh nenek moyang kita secara turun temurun. Selama bisa menggunakan cara yang alami, sebaiknya hindarilah pemakaian bahan-bahan kimia yang sebenarnya memang tidak baik untuk tubuh kita.

No comments:

Post a Comment