Pages

Friday, November 29, 2013

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Otak

#23abfc


[imagetag]


Bukan rahasia lagi bahwa olahraga sangat baik untuk kebugaran tubuh Anda. Namun beberapa ilmuwan juga menyatakan bahwa olahraga baik untuk kesehatan otak. temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism tersebut menunjukkan bahwa latihan atau olahraga dapat meningkatkan produksi molekul yang disebut irisin. Irisin meningkatkan neurotropik yang dapat melindungi otak terhadap gejala penyakit syaraf. Selain meningkatkan produksi irisin, olahraga juga memberikan beberapa manfaat bagi otak seperti sebagai berikut.



Mempertajam kemampuan berpikir


Sebuah penelitian dari Dartmouth mengungkapkan bahwa olahraga mempengaruhi ketajaman otak dalam berpikir karena meningkatkan produksi neurotropik, protein yang dapat meningkatkan ketajaman mental, otak, dan memori.



Membuat Anda lebih aktif


Olahraga akan meningkatkan kemampuan sistem motorik Anda yang berhubungan dengan otot.



Membantu meringankan depresi


Ketika Anda berolahraga maka hormon endorfin Anda akan banyak dilepaskan sehingga membantu mengurangi stres dan nyeri yang Anda alami.



Mengurangi penuaan otak


Seiring dengan bertambahnya usia, bagian otak yang disebut dengan hippocampus akan menyusut. Itulah mengapa, apabila kita sudah memasuki usia senja maka kita akan menjadi pelupa. Untungnya olahraga dapat meningkatkan pertumbuhan saraf baru yang ada di dalam hippocampus. Olahraga akan memberikan berjuta manfaat tidak hanya bagi kesehatan fisik namun juga otak Anda. Oleh karena itu jangan ragu untuk meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga.    

No comments:

Post a Comment