Pages

Sunday, July 7, 2013

Inilah Akhir Riwayat BMW M3 Coupe

#fd452a

Pabrikan Jerman BMW akhirnya resmi mengakhiri kiprah mobil legendaris mereka BMW M3 Coupe. Sebagai penggantinya BMW kabarnya sudah menyiapkan M4.





                    

#23abfc


[imagetag]  



Seperti rilis resmi yang diterima detikOto, Sabtu(6/7/2013), M3 Coupe telah meraih kesuksesan dan telah berhasil merebut hati pecintanya sejak kehadirannya di 1986, dan telah memasuki generasi terbaik di 2007. Saat itu M3 Coupe di 2007 telah diproduksi hingga 40 ribu unit.

Sedangkan untuk BMW M3 Sedan telah mencapai 10 ribu unit dan terakhir M3 Convertible telah diproduksi sebanyak 16 ribu unit.

Keunggulan BMW M3 dalam ketiga varian ini (Coupe, Sedan, Convertible) bukan isapan jempol semata. Semua didapat berkat kedahsyatan dari mesin dan teknologi sasis yang menjadikan mobil ini salah satu yang terbaik di dunia saat ini.

Dengan menggendong mesin V8 berkapasitas 4.0-liter memang menjadi daya tarik utama BMW M3, terlebih keunggulan teknologi jelas terpancar dengan silinder yang diposisikan pada sudut 90 derajat satu sama lain.

Hasilnya pun sudah jelas didapatkan BMW M3, dimana mesin anyar ini mampu menyemburkan tenaga hingga 309 kW atau setara dengan 420 tenaga kuda, dan mampu menghasilkan hingga 400 Nm atau setara dengan 295 lb-ft.

Tidak berhenti dsampai disitu, transfer teknologi mobil balap balap ke dalam tubuh M3 yang terbungkus dalam mesin dan komponen sasis jelas akan dirasakan siapa saja yang menungganginya. Terlebih sasis ringan juga dikembangkan dan diberikan secara khusus untuk M3.

Perubahan teknologi juga terus dialami oleh BMW M3 yang terbungkus dalam generasi ketiga dan keempat dari seri M. Dimana seri ini juga telah mengadopsi kecerdasan dalam melahirkan konstruksi ringan. Seperti dengan menempatkan kap aluminium dan plastik panel samping depan dalam menurunkan berat tubuh Coupe adalah atap karbon.

Selama 6 tahun produksi BMW M3 di Amerika Serikat, Inggris dan Jerman telah menumbuhkan penjualan BMW.

Bahkan di 2010 Coupe juga menjadi sebuah karya seni untuk artis Jeff Koons asal AS mengubah ketahanan BMW M3 GT2 racer menjadi anggota ke-17 dari seri Art Car BMW.

Ciptaan Koons pun akhirnya diresmikan pada awal Juni 2010 di Pompidou Centre di Paris, sebelum berbaris di balapan Le Mans 24 jam dua minggu kemudian.

Generasi keempat BMW M3 diproduksi di pabrik BMW di Regensburg samping BMW Seri 3 Sedan, Coupe dan Convertible. Mesin V8 yang disediakan oleh pabrik mesin BMW di Munich, di mana proses produksi tertentu di jalur perakitan mesin khusus memastikan unit kinerja tinggi akan ditandai dengan kualitas yang sangat baik dan kehandalan.

Namun kali ini kepergian BMW M3 harus diterima dengan lapang dada. Dimana Otolovers bisa dipastikan akan mejadi kesaksian Era baru di tubuh M4 yang sebentar lagi bakal ikut meramaikan persaingan mobil mewah di dunia.

(lth/ddn)

sumber | unikanehdunia-2.blogspot.com | http://oto.detik.com/read/2013/07/06/173101/2294600/1207/akhir-riwayat-bmw-m3-coupe?991101mainnews



No comments:

Post a Comment