Pages

Friday, November 8, 2013

Penyebab Motor Jadi Boros & Kiat Hemat Bbm





A. Penyebab Motor Boros

Punya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros tentu menjadi tanda tanya pemakainya. Apa penyebabnya?

setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin, seperti:

a. MACET



[imagetag]



Pertama, situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi

motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.

b. KONDISI JALAN



[imagetag]



Kedua, kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut

pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai

atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi

bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau

cenderung rusak.

c. MEMAINKAN GAS TERUS-MENERUS



[imagetag]



Ketiga, cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika

motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara

terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor

lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telah

mengalami perubahan.

d. SUHU



[imagetag]



Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah

suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin

tinggi.

e. KONDISI MOTOR

#23abfc


[imagetag]



Terakhir, kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin,

penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya

hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan. (ry)

Quote:

B. Kiat-kiat untuk menghemat BBM

BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA

Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. "Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah," jelas Freddy.

Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.

KURANGI PENGGUNAAN ENGINE BRAKE (BUKAN GAK PAKE, TAPI KURANGI)

Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. "Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar.

HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS

Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.

HARAM GEBER DI LAMPU MERAH

Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. "Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,"

JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN

Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.

lama waktu buat memanaskan mesin paling pas 1 sampai 2 menit aja

=10464386

Sumber

No comments:

Post a Comment