Pages

Thursday, November 7, 2013

Pelajaran Karir yang bisa di dapat dari Film The Hunger Games

#23abfc


[imagetag]


The Hunger Games mungkin film yang cukup brutal yang pernah ada. Sekelompok anak muda dipaksa saling bantai, sementara rakyat di negara tersebut menyaksikan aksi mereka dari televisi. Tapi, kondisi negara itu tidak banyak berbeda dengan dunia kerja. Tingkat persaingan di dunia kerja yang ketat mirip dengan kondisi di film ini. Diperlukan sejumlah persiapan untuk memenangkan pertandingan. Agar mampu bertahan, berikut tips dari The Hunger Games yang layak dicoba:



Jangan Takut Arus


Di awal permainan, peserta The Hunger Games menyerbu penyimpanan senjata dan bekal. Mudah ditebak, setengah di antara mereka mati terbantai. Itu mirip dengan kondisi job hunting. Berbondong-bondong melamar ke perusahaan populer atau ikut tes CPNS maka memperkecil peluang kita untuk diterima. Sehingga kita seharusnya memakai strategi lain misalnya mengajukan lamaran sendiri ke perusahaan yang benar benar sesuai dengan minat dan kemampuan, bisa juga melalui media sosial.



Punya Skill Istimewa


Bisa memanah? mematahkan leher orang dengan tangan kosong? Atau, akrobat diantara pepohonan? Skill yang spesial harus dimiliki dalam persaingan ketat di tempat kerja. Itu akan memberikan nilai plus sehingga lebih diperhatikan bos.



Berani Ajukan Diri


Katniss Everdeen adalah orang pertama dalam sejarah yang ikut game secara sukarela dan menang. Nah, di kantor, jangan segan-segan mengajukan diri jika ada tawaran untuk menggarap proyek penting. Atasan sangat menghargai orang yang berani mencoba tantangan. Mungkin tidak serta merta berhasil, tapi pasti ada pelajaran yang didapat.



Jangan Menentang Kompetitor


Ada saingan di kantor? Jangan diserang secara terang-terangan. Sebab, mungkin saja bakal terjadi senjata makan tuan. Kita boleh berusaha mengalahkannya dalam setiap proyek, tapi jangan pernah menunjukkan sikap bermusuhan.



Boleh Berharap Perubahan Peraturan


Ada kalanya peraturan di kantor tidak adil. Misalnya, karyawan harus bekerja lembur karena ada tambahan pekerjaan. Lalu, bos memberi tahu bahwa diantara dua pekerja, hanya satu yang bakal dapat bonus tambahan. Kalau anda pikir sistem yang anda alami tidak benar, jangan cuma komplain. Anda harus sampaikan itu kepada atasan anda seperti Katniss yang tidak ingin membunuh Peeta.



Luka Lama Adalah Pembunuh Karir


Tidak sedikit karyawan yang dipecat lantaran membuat kesalahan fatal. Tapi, lebih banyak lagi yang karirnya berhenti bukan gara gara satu kesalahan besar. Melainkan kesalahan-kesalahan kecil yang membuat bos kehilangan kepercayaan kepada karyawan. Mungkin saat itu, karyawan tidak dipecat, tapi dikotakkan. Misalnya, susah naik pangkat dan sulit naik gaji. Itu tidak lebih baik daripada diberhentikan. Hindari terbunuh sia-sia, segera sembuhkan luka. Maka, kita harus segera memperbaiki segala keadaan tersebut jika ingin tetap bertahan.

Nah, ternyata ada banyak hal-hal yang dapat kita pelajari dan bisa diterapkan di tempat kerja

No comments:

Post a Comment