Pages

Tuesday, December 24, 2013

Smartphone Terbaik 2013

Ponsel pintar menemukan momentum keragaman platform atau sistem operasi pada tahun 2013 ini. Platform baru macam Firefox dan Jolla muncul ke permukaan. Walaupun sebagian produsen ponsel cerdas itu masih mempertahankan sistem operasi lama. Produsen ponsel Nokia tak beranjak dari sistem operasi Symbian pada lini produk Nokia Ashanya. Begitupula Blackberry yang mempertahankan BB10. Namun pasar masih didominasi oleh tiga platform terbesar, yakni Android, iOS dan Widows. Pasar dibanjiri aneka ponsel cerdas yang memakai tiga platform ini. Dari ketiganya mana yang lebih baik? Situs Boy Genius Report (BGR), Kamis 19 Desember 2013, membuat laporan tahunan mengenai ponsel terbaik berdasarkan ketiga platform tersebut. Lalu, Boy Genius Report memilih ponsel terbaik berdasarkan ketiga pilihannya. Berikut hasilnya:





Android Terbaik


Sistem terbuka Android membuat pabrikan ponsel banyak mengadopsinya. Aneka ponsel dengan ragam ukuran layar, harga dan spesifikasi bermunculan. BGR menjatuhkan pilihannya pada Google Nexus sebagai ponsel Android terbaik. Android dinilai memiliki kelebihan di sisi harga yang murah, namun kinerja luar biasa, desain yang bagus, tampilan layarnya full HD, dan adopsi seri terbaru Android 4.4 KitKat.





Windows Phone Terbaik


Windows Phone memang lebih sedikiti diadopsi oleh pabrikan ponsel cerdas, jika dibandingkan dengan Android. Pabrikan ponsel terbesar Nokia, yang kini diakuisisi Microsoft, paling banyak menggunakan sistem operasi ini. BGR memilih Nokia Lumia 1020 sebagai pinsel berbasis Windows Phone terbaik. Ponsel andalan Nokia itu dinilai bagus dari sisi kamera. Resolusi kamera 41 Megapiksel bisa menjerat gambar dengan cahaya minim. Layar dengan teknologi AMOLED menghasilkan warna cerah. Aplikasi navigasi dan peta HERE gratis, dan offline juga masuk penilaian lebih dari ponsel ini.



#23abfc


iOS Terbaik


Apple memegang penuh lisensi iOS. Pabrikan ini tak memberikan sistem operasinya kepada pabrikan lain. Ponsel platform iOS pun amat identik dengan produk milik Apple. Sepanjang 2013, Apple meluncurkan dua ponsel cerdas, yakni iPhone 5C dan iPhone 5S. Apple memang selalu meluncurkan ponsel cerdas berdasrakan generasi. Itu artinya, ponsel terakhir biasanya yang mendapat penilaian terbaik. Kelebihan dari produk terbaru Apple itu adalah fitur keamanan berupa finger print. Kelebihan lainnya adalah batere iPhone 5S yang dinilai lebih kuat dibanding pendahulunya.



Lalu di antara ketiganya, ponsel terbaik versi  BGR adalah…


BGR mengaku tak mudah memilih satu dari ketiga produk terbaik dari masing-masing sistem operasi itu. Penggemar Adnroid tentu mengunggulan ponsel berbasis Android sebagai yang terbaik. Penggemar Apple pun memilih iPhone. Namun, BGR menjatuhkan pilihannya pada iPhone 5S. iPhone 5S dipilih berdasarkan pertimbangan utama ekosistem iOS. Aplikasi pada iOS jauh lebih baik dan lebih bagus dibanding aplikasi Android. BGR menganggap Apple memberlakukan control ketat pada aplikasi yang dijajakan di Apps Store. Aplikasi besar, semacam Twitter, Facebook, Evernote versi iOS selalu lebih baik dibanding versi Android. Dilihat dari sisi perangkat kerasnya, iPhone 5S dinilai lebih baik. Material kaca dan aluminium iPhone mengungguli semua perangkat keras dari Android dan Windows Phone. Bodi iPhone 5S juga lebih ramping dan lebih kuat. Dari sisi jeroan, iPhone 5S mengungguli pesaingnya. BGR mendasarkan pada uji coba Anandtech. Kinerja iPhone dengan prosesor dual-core 1,3 GHz dianggap mengungguli Android okta-core 2,0 GHz.

No comments:

Post a Comment