Pages

Thursday, December 26, 2013

Agar Tak Sakit saat Liburan

#23abfc




Kita sudah tiba dipekan penuh liburan. Sepekan kemudian tahun baru. Tapi liburan panjang bisa runyam jika Anda malah penyakitan. Apalagi cuaca sedang tak bersahabat. Berikut ini ada lima tips agar Anda tetap bugar.

Jangan sering menyentuh wajah

Mungkin menyentuh wajah terlihat sangat sepele. Tapi sering-sering menyentuh wajah bisa menyebarkan penyakit. Setiap Anda menyentuh membran lendir, seperti mata, hidung, dan mulut, maka itulah saat infeksi menular. Jika Anda bisa mengurangi intensitas menyentuh wajah, itu akan sangat bermanfaat.

Cucilah tangan

Ini petuah klasik, cucilah tangan pakai sabun. Mencuci tangan dengan sabun bisa mencegah penyebaran kuman pada diri dan orang lain. Tak ada aktivitas lain yang manfaatnya lebih baik dan bisa menggantikan manfaat cuci tangan. Untuk sekadar membersihkan tangan, pakailah pembersih berbasis alkohol jika Anda tak menemui air buat cuci tangan.

Vaksin flu

Sebelum musim flu tiba, suntik vaksin bisa mencegah Anda tertular dari penularan virus ini. Butuh waktu dua pekan bagi tubuh untuk membangun kekebalan terhadap flu setelah disuntikkan. Langan menegaskan, suntik vaksin flu tak bisa menjamin penuh Anda aman dari serangan flu. Cuci tangan dan perlindungan lain juga perlu.

Jaga kebiasaan sehat

Makanan sehat, olahraga teratur, dan cukup tidur bisa membuat Anda kuat menghadapi perubahan cuaca. Hindari rokok karena bisa membuat Anda rentan dengan penyakit pernapasan. Menurut Langan, konsumsi suplemen vitamin C, E, dan zinc tak perlu benar karena belum terbukti bermanfaat.

Jaga kontak dari orang sakit

Jika kontak dengan orang sakit tak perlu-perlu amat, hindarilah. Ini penting karena mereka menjadi bagian dari medium penularan. Akan lebih penting jika Anda memiliki penyakit atau kondisi lain yang bisa meningkatkan komplikasi flu, seperti sedang hamil atau diabetes.

No comments:

Post a Comment