Pages

Wednesday, October 16, 2013

Tips Mudah mengembalikan bentuk tubuh pasca Melahirkan

#23abfc


[imagetag]


Kehamilan bisa menjadi masa menyenangkan bagi wanita apalgi setelah si kecil sudah lahir dengan selamat. Namun, ada satu sisa kehamilan yang sering membuat wanita bingung, yakni bertambahnya berat badan setelah melahirkan. Mengembalikan bentuk tubuh seperti semula membutuhkan kesabaran ekstra. Ada baiknya beri waktu bagi tubuh Anda untuk bisa pulih sepenuhnya. Setelah itu, tak ada salahnya Anda mencoba mengembalikan bentuk badan Anda dengan cara mudah dan efektif:



Menyusui


Ini adalah ide baik dan mudah untuk mendapatkan bentuk tubuh awal Anda. Produksi air susu ibu (ASI) membutuhkan energi tinggi dan sebagian besar kalori dari asupan Anda akan digunakan untuk proses ini.



Rileks


Luangkan waktu untuk beristirahat dan bersantai karena itu penting agar hormon Anda kembali ke tingkat yang normal. Apalagi hormon penting dalam menentukan berat badan. Santai juga membuat pikiran dan tubuh Anda sehat.



Minum cukup air


Untuk mengurangi berat badan setelah melahirkan, Anda harus tetap terhidrasi dengan baik. Air akan memberi perut Anda rasa kenyang lebih lama serta menjauhkan Anda dari makanan yang membuat gemuk.



Diet sehat


Sertakan makanan sehat dalam menu sehari-hari Anda. Perbanyaklah makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat sedang, dan rendah lemak. Jangan melakukan diet yang sangat ketat jika Anda sedang menyusui.



Olahraga


Sebelumnya pastikan bahwa kondisi Anda sudah pulih sepenuhnya, melalui medical check up. Mulailah melakukan olahraga ringan lalu bertahap melakukan olahraga yang biasa dilakukan sebelum hamil.



Gerakkan tubuh


Setelah melahirkan, wanita memang membutuhkan istirahat total. Tapi setelah pulih, melakukan beragam aktivitas seperti pekerjaan rumah akan membantu Anda mendapatkan kembali bentuk tubuh sebelum kehamilan.



Perhatikan asupan kalori


Makan beberapa kali sehari bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar Anda. Jika ingin ngemil, pilihlah makanan ringan yang sehat dan menyegarkan, misalnya buah kering.



Yoga


Melakukan yoga akan membantu menjaga keseimbangan hormon Anda agar tetap normal. Yoga memiliki peran besar dalam menjaga berat badan, oleh karena itu yoga sangat dianjurkan selama kehamilan.



Belly exercise


Jika merasa perut Anda terlalu 'longgar', maka Anda bisa mengembalikan bentuk perut seperti semula dengan memperbanyak latihan yang berfokus pada otot di perut.



Bersabar


Banyak wanita berpikir menurunkan berat badan pasca melahirkan hanya terjadi dalam waktu singkat. Justru hal ini terkadang akan membuat Anda stres atau bahkan mencoba berbagai cara menurunkan berat badan yang justru berbahaya. Jadi, penting bagi Anda untuk bersabar karena segala sesuatunya membutuhkan proses.

No comments:

Post a Comment