Pages

Sunday, September 15, 2013

Pantai Indah tersembunyi di Indonesia

Sebagai negara kepulauan, maka tak heran jika Indonesia memiliki pantai yang begitu banyak. Pemandangan pantai yang dapat dinikmati dengan mata telanjang dan juga keindahan bawah lautnya yang dapat dinikmati dengan bersnorkeling ataupun diving membuat banyak orang tertarik untuk menyusuri pantai-pantai di Indonesia. Beberapa pantai di antaranya memang sudah tersohor hingga mancanegara. Namun sayangnya, masih ada pula beberapa pantai yang kurang tereksplor karena letaknya yang tersembunyi. Padahal, pantai-pantai tersebut memiliki panorama yang tak kalah indahnya dengan pantai yang sudah lebih dulu tersohor. Berikut adalah tujuh pantai-pantai indah di Indonesia yang letaknya tersembunyi, simak ulasannya:

 

Pantai Koka


[imagetag]


Pantai Koka di Desa Wolowiro, Flores, merupakan salah satu pantai indah yang dapat memanjakan mata dan pikiran manusia. Sebuah pantai yang masih jarang disentuh wisatawan. Padahal, pantai ini sudah dikenal oleh turis Belanda sejak tahun 90-an. Tak banyak orang mengenal apalagi mengunjungi pantai berpasir halus dan putih keemasan ini. Keindahannya seolah tersembunyi dari keramaian dunia. Tak heran jika banyak turis asal Eropa yang telah mengetahui keindahan pantai ini. Adalah seorang berkebangsaan Belanda yang dulu pernah singgah ke pantai ini kemudian membawa kabar keindahan pantai hingga ke negara tempat ia tinggal. Sesungguhnya ada dua buah pantai yang dapat dinikmati wisatawan di tempat ini. Pasir pantainya yang halus sangat cocok untuk digunakan berjalan-jalan sore. Dua bukit batu yang membatasi bibir pantai satu dan lainnya menjadi bonus yang dapat dinikmati. Air lautnya pun berwarna biru jernih menjadikan Pantai Koka semakin indah untuk dinikmati. Namun, jika Anda bermaksud untuk berwisata ke tempat ini, Anda harus membawa bekal air minum dan makanan yang cukup untuk bertahan di pantai indah ini karena fasilitas untuk membeli makanan masih sangat kurang.



Pantai Mbalata


[imagetag]


Di jalur lintas Flores, Anda dapat menemukan sebuah pantai yang dikenal masyarakat dengan nama Mbalata. Letaknya berada di Kota Komba, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini letaknya hampir tersembunyi. Padahal, Pantai Mblata adalah salah satu spot yang tepat untuk dapat menikmati waktu istirahat. Masyarakat di sekitar Pantai Mbalata pun sangat ramah. Mereka akan menyambut wisatawan yang datang dengan penuh kehangatan. Dari pantai ini, wisatawan pun dapat menikmati kebun milik masyrakat dan pemandangan kaki Gunung Inerie. Seratus meter sebelum bibir pantai, pohon kelapa, lontar dan aren mulai menyambut perjalanan menuju Pantai Mbalata. Mbalata menyuguhkan pasir putih dari sebelah timur hingga muara Sungai Wae Wole, sementara di bagian barat terhampar pasir pantai yang berwarna hitam. Di hari-hari yang tak ramai pengunjung, biasanya pantai hanya akan dikunjungi nelayan setempat. Di sekitar pantai terdapat beberapa penginapan yang dapat disewa, sehingga Anda tak perlu bingung mencari tempat untuk bermalam menikmati panorama pantai yang tersembunyi ini.



Pantai Suluban


[imagetag]


Bali memang sudah dikenal dengan pantai-pantainya yang indah. Namun sudah pernahkah Anda pergi ke Pantai Suluban? Pantai Suluban berada di Desa Pecatu di bagian selatan Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini menawarkan keindahan yang spektakuler di balik batuan karang. Untuk menikmati pantai berpasir putih dengan air laut berwarna biru jernih ini memang perlu perjuangan. Anda perlu menuruni anak tangga melewati lorong atau celah sempit di antara batuan karang raksasa. Namun ketika sampai di Pantai Suluban, wisatawan akan dibuat kagum dengan panorama alam yang disuguhkan. Bagi peselancar, pantai ini memang sangat cocok karena memiliki ombak yang cukup besar. Apabila ingin berselancar, wisatawan perlu berenang terlebih dahulu ke tengah pantai. Namun, Anda perlu berhati-hati karena ada ubur-ubur yang menyengat di kawasan lepas pantai. Bagi Anda yang malas menuruni tangga, tenang saja karena keindahan pantai dapat dinikmati dari gazebo-gazeboo yang berdiri di atas karang.



Pantai Karangnini


[imagetag]


Pantai Karangnini, satu lagi keindahan alam yang berada di bagian selatan Jawa Barat. Sayangnya, kecantikan pantai ini tersembunyi di balik hutan jati yang tumbuh subur. Jalur untuk menuju pantai ini pun cukup menantang, oleh karena itu Anda harus mempersiapkan kondisi kendaraan sebaik mungkin. Perjalanan panjang menuju Pantai Karangnini niscaya terbayar ketika Anda menikmati keindahan panorama alamnya. Di pantai ini terdapat sebuah karang yang menyerupai seorang nenek, yang dalam bahasa Sunda disebut "nini". Masyarakat setempat percaya jika batu karang tersebut merupakan wujud dari seorang nenek yang dengan setia menunggu sang suami pulang melaut hingga akhirnya membatu. Oleh karena itu, pantai ini pun sangat sering dijadikan sebagi simbol kesetiaan. Pantai Karangnini saat ini sudah mulai dilirik banyak wisatawan. Lokasinya yang berada di balik bukit dan dikelilingi hutan rimbun membuat suasananya terasa sangat tenang dan jauh dari hiruk-pikuk keramaian. Tak hanya pantai, di tempat ini Anda pun dapat menikmati keindahan hutan dan pemandangan birunya air samudera. Untuk dapat menikmati Pantai Karangnini dari ketinggian, di sini disediakan sebuah menara pandang dilengkapi teropong. Setelah puas menikmati pemandangan dari tempat yang tinggi, cobalah menuruni bukit menuju gugusan pantai yang landai. Di sini, Anda dapat melihat dengan jelas bentuk karang yang menyerupai wujud sang nenek.



Pantai Nyang Nyang


[imagetag]


Ternyata, Bali masih menyimpan beragam keindahan alam. Salah satunya adalah Pantai Nyang Nyang. Letaknya di bagian selatan Bali, yaitu di Kabupaten Badung. Pantai Nyangnyang dapat ditemui di balik sebuah bukit, bahkan untuk mencapainya harus melewati jalur yang tidak mudah. Seperti pantai-pantai lainnya di Bali, Nyang Nyang tak kalah menyuguhkan panorama yang indah. Pasir pantai yang halus berwarna putih menjadi tempat memijakkan kaki, gelombang di pantai ini pun sangat cocok untuk dijadikan tempat berselancar. Jika Anda hanya ingin menikmati suasana pantai, tempat ini sangat pas karena hiruk-pikuk industri pariwisata belum terasa di sini. Letaknya tersembunyi di sebelah barat Bukit Peninsula, dengan pantai yang langsung menghadap Samudera Hindia. Akses jalan yang kurang baik membuat Pantai Nyang Nyang nampak terisolasi. Oleh karena itu, jarang wisatawan datang. Untuk mengunjungi Pantai Nyang Nyang, ada baiknya Anda pergi saat musim kemarau. Pasalnya saat musim hujan, akses menuju pantai, yang terdiri dari batu kapur, terasa sangat licin. Stamina tubuh pun harus prima.



Pantai Tanjung Setia


[imagetag]


Ke Lampung, cobalah untuk menikmati pantainya yang terletak di sebelah barat. Tak jauh dari hutan lebat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, wisatawan dapat menikmati pemandangan Pantai Tanjung Setia. Walaupun kurang populer, pantai ini memiliki ombak yang terkenal di kalangan peselancar. Bahkan, ombak di Pantai Tanjung Setia tak jarang disejajarkan dengan ombak yang ada di Hawaii. Untuk berselancar, ada baiknya wisatawan datang pada Juni hingga Agustus. Tak tanggung-tanggung, ombak di sini tingginya bisa mencapai tujuh meter dengan panjang mencapai 200 meter. Bagi yang suka memancing, Pantai Tanjung Setia pun dapat dijadikan tujuan wisata. Pasalnya, di lepas pantai ini terdapat berbagai jenis ikan yang dapat dipancing. Transportasi menuju Pantai Tanjung Setia tergolong mudah. Dari Bandar Lampung, pantai ini dapat ditempuh selama 6-7 jam. Di sepanjang jalan, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan berupa keindahan Gunung Bukit Barisan.



Pantai Green Bowl
#23abfc


[imagetag]


Keindahan Bali seperti tak pernah habis diperbincangkan. Nyatanya, surga dunia ini masih menyimpan beberapa harta karun yang belum terekspos, padahal keindahannya tak kalah dengan pantai yang sudah jauh lebih populer, seperti Pantai Sanur, Pantai Petitenget, ataupun Pantai Kuta. Pantai dimaksud adalah Green Bowl yang akan menyapa turis di balik bukit dan tebing tinggi. Suasana tenang dan jauh dari hiruk-pikuk hiburan serta wisatawan dapat Anda temukan di tempat ini. Nama Green Bowl sendiri diambil dari keadaan pantai ketika air laut surut yang terlihat seperti mangkuk dengan dasar berupa karang-karang berwana hijau. Pemandangan indah ini akan semakin terlihat jelas jika Anda menikmatinya dari atas bukit. Setelah menuruni ratusan anak tangga yang curam, Anda akan disambut dengan pasir putih nan halus. Teksturnya pun terasa berbeda dari pasir pantai lainnya karena butirannya terasa lebih besar. Berjalan menelusuri pantai sambil menikmati pemandangan turis-turis yang berselancar, Anda akan menemukan sebuah goa yang dipenuhi kelelawar. Mereka akan terlihat tidur bergelantungan di siang hari. Ingin berfoto di mulut goa? Siap-siaplah untuk menutup hidung Anda. Begitu banyaknya kelelawar di tempat ini membuat bau tak sedap menyeruak hingga ke mulut goa. Bagi Anda yang suka snorkeling, tempat inipun cocok untuk menikmati keindahan bawah laut Bali yang memukau.

No comments:

Post a Comment