Pages

Wednesday, April 2, 2014

Tentang Cacar Air

#23abfc




Penyakit cacar air muncul akibat salah satu jenis virus herpes yang umumnya dikenal sebagai varicella zoster. Menyerang seseorang yang tidak punya kekebalan tubuh, atau kekebalan tubuhnya sedang rendah. Biasanya penyakit ini menyerang waktu kita kecil. Penyebarannya lewat batuk/bersin (udara) dan juga lewat sentuhan kulit atau baju yang dikenakan si penderita (kontak fisik). Gelaja permulaannya, penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing.

Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah. Pencegahannya tentu imunisasi waktu umur 12 bulan, tapi dianjurkan juga bagi umur 12 tahun yang belum memiliki kekebalan tubuh. Tapi jangan khawatir, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan cacar air pada orang dewasa.

Pencegahan:

Menjauh dari mereka yang terinfeksi

Mending jaga jarak deh anda klo ada orang yang sedang terinfeksi cacar air. Soalnya virus cacar air menyebar lewat udara sama kontak fisik.

Lebih baik menjaga daripada mengobati.

Menjaga kebersihan rumah dan tubuh

Kebersihan itu keadaan bebas dari kotoran termasuk debu, sampah dam bau. Penting menjaga kebersihan agar terhindar dari kuman penyakit yang berbahaya yang menempel pada tubuh maupun benda disekitar kita.

Selain itu kebersihan juga sebagian dari iman.

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau dan buah-buahan segar. Lebih baik konsumsi brokoli dan labu karena bisa mencegah timbulnya cacar air. Sayuran ini juga mampu membantu tubuh melawan virus varicella.

Minum air kelapa dan air lemon

Jaga tubuh tetap bersuhu normal selama musim kemarau, misalnya dengan rajin minum air kelapa murni. Selain itu, minuman lain yang bisa Anda manfaatkan adalah air lemon. Lemon mengandung asam untuk melawan bakteri jahat yang menurunkan tingkat kekebalan tubuh

Cukup minum air putih

Air putih merupakan minuman yang paling baik dan menyehatkan untuk tubuh kita. Fungsi air putih adalah meningkatkan energi saat beraktivitas, membantu membuang racun dalam tubuh lewat urine, menjaga berat badan, membuat kulit terlihat segar, baik untuk kesehatan tulang, dan membantu penyerapan makanan.

Untuk pengobatan sendiri, cacar air ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi ada baiknya kita konsultasi ke dokter agar dapat pengobatan yang lebih baik dengan obat atau salep tertentu. Selain itu juga ada hal-hal yang harus agan lakukan juga bila anda terkena cacar:

Hindari menggosok atau menggaruk cacar

Tentu bila anda gosok atau menggaruk cacar akan meninggalkan bekas cacar

Potong kuku

Misalkan sedang tidur ga sengaja kegaruk jadi aman bagi kulit.

Kenakan pakaian yang longgar

Ini biar kulit kita ga lecet saat kulit gesekan dengan pakaian. Menghindari pecah tuh cacar air.

Cobalah berendam di dalam bak mandi yang berisi tepung maizena.

Katanya tepung maizena bisa menenangkan kulit.

Hindari cahaya sinar matahari yang terlalu menyengat dan udara yang lembab

Cahaya matahari yang terlalu menyengat dan udara lembat katanya dapat memperburuk penyakit cacar [allsource]

No comments:

Post a Comment