Pages

Wednesday, April 2, 2014

Apa itu Dead Pixel?

#23abfc




Oleh Heru Budhiarto

Entah karena penggunaan yang ceroboh atau sudah menyentuh batas usia pemakaian, sering kali kita melihat bintik hitam pada layar laptop yang dikenal dengan sebutan dead pixel. Rasa khawatir muncul. Jangan-jangan, bintik kecil itu nantinya menyebar, sehingga menutupi seluruh layar laptop. Jika itu terjadi, penglihatan terhadap objek dalam layar menjadi terpengaruh dan tidak tampak jelas. Mungkinkah seperti itu?

Pada dasarnya gambar yang muncul pada layar laptop tersusun atas titik-titik elemen gambar yang berbentuk kotak-kotak kecil dalam sebuah grafis atau biasa disebut pixel. Apabila terdapat pixel yang mati, biasanya layar tidak mampu lagi menampilkan gambar secara utuh. Makannya yang kelihatan cuma titik hitam dan tidak bisa menampilkan warna seperti biasanya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya dead pixel. Misal, akibat guncangan dan tekanan yang berlebihan pada layar. Selain itu, alkohol yang menyerap ke dalam layar juga bisa berakibat terjadinya dead pixel. Semua jenis alkohol sebenarnya berisiko menyebabkan munculnya dead pixel, baik dari parfum ataupun pembersih layar. Sebab lain yang dapat menimbulkan dead pixel, lanjut dia, yakni membiarkan layar dengan satu warna secara terus-menerus. Prinsip kerja pixel, kata dia, yakni dengan menampilkan gambar melalui warna yang berbeda. Namun, ketika background layar atau mode screen saver hanya menampilkan satu warna, maka pixel akan bekerja lebih keras dan berat.

Kalau kita setting latar belakang layar cuma hitam saja atau putih saja, itu juga berisiko. Untuk kasus seperti itu, mencegahnya cukup sederhana. Yakni, dengan memilih background desktop yang memiliki warna beragam atau dengan memanfaatkan mode screen saver yang dapat berganti-ganti gambar. Paling tidak itu bisa mengurangi risiko seandainya kita meninggalkan laptop yang masih menyala dalam waktu lama. Terkait kemungkinan dead pixel menyebar dan menjadi banyak, Casei menilai hal itu sangat kecil peluangnya. Sebab, pixel itu bersifat individu dan ukurannya selalu tetap. Sehingga, kerusakan di satu titik tidak berdampak langsung pada titik lainnya.

Tapi risiko itu tetap ada. Misal, kalau penyebabnya alkohol maka dia akan menyebar sepanjang kandungan alkohol masih ada. Tapi kalau sudah habis dan menguap, biasanya dia akan berhenti secara otomatis. Jika layar sudah mengalami dead pixel, kata dia, pada beberapa kasus masih bisa diganti satu titik saja. Namun, ketika titik hitam itu sudah menyebar terlalu banyak, maka sebaiknya layar laptop segera diganti. Beberapa vendor punya kebijakan masing-masing. Ada yang memberikan garansi soal dead pixel tapi ada juga yang tidak. Makannya, sebelum membeli baiknya ditanyakan dulu pada penjualnya.[plasadana]

No comments:

Post a Comment