Pages

Monday, May 12, 2014

Dibeli Microsoft, Mantan Bos Nokia Dapat USD33 Juta

#23abfc






Stephen Elop. REDMOND Pembelian perusahaan ponsel Nokia yang dilakukan oleh Microsoft ternyata membawa keuntungan tersendiri bagi mantan CEO Nokia, Stephen Elop. Atas pembelian tersebut, mantan bos Nokia itu jadi lebih kaya USD33 juta.



Hal tersebut dikarenakan pembayaran pesangon yang diberikan perusahaan karena Elop tak lagi memimpin Nokia. Sebagaimana diketahui, perusahaan asal Redmond itu tak membeli Nokia secara keseluruhan, melainkan hanya divisi handset saja.



Dari perjanjian pembelian Nokia oleh Microsoft yang tadinya ditawar USD7,2 miliar, ternyata perusahaan besutan Bill Gates memberikan uang yang lebih banyak dari perjanjian tertulis sebelumnya. Microsoft membayar Nokia sebesar USD7,5 miliar, lebih banyak USD3 miliar sesuai perjanjian.



Dalam klausal tersebut dikatakan Stephen Elop akan mendapat pesangon sebesar USD26 juta karena pemberhentiannya sebagai CEO Nokia. Elop kini menjabat sebagai kepala divisi perangkat dan layanan di Microsoft. Dari USD26 juta itu, 70 persennya dibayarkan oleh Microsoft, dan 30 persen lagi dibayar oleh Nokia.



Sama halnya seperti Microsoft yang tiba-tiba menaikkan harga pembelian terhadap Nokia, ternyata Elop pun mendapat pesangon lebih menjadi USD33 juta. Ini dikarenakan Elop dinilai berhasil menyeimbangkan pasar saham kedua perusahaan. Pesangon USD33 juta itu tetap dibayarkan sebanyak 70 persen dari Microsoft, dan 30 persen dari Nokia. Demikian seperti dilansir PhoneArena, Jumat (2/5/2014).

(amr)



 Sumber

No comments:

Post a Comment