Pages

Sunday, May 18, 2014

Android Makin Perkasa, BlackBerry Kian Merana

#23abfc




Jakarta Pertarungan sistem operasi smartphone tetap sengit meski Android masih sangat dominan. Apple iOS menguntit di posisi dua, diikuti Windows Phone yang lumayan positif perkembangannya. Sayang, BlackBerry makin merana.

Hal itu tampak dari penelitian terbaru ABI Research di kuartal I 2014, yang mendata hasil penjualan ponsel secara global berdasarkan sistem operasinya. Selain smartphone, ponsel basic

atau feature phone pun dimasukkan dalam riset ini. Ponsel basic

rupanya masih sangat diminati dan meraih pangsa pasar 30% di kuartal I 2014, turun dari raihan 35% di kuartal sebelumnya. Beralih ke OS smartphone, Android merajai dengan market share 44%, naik dari 39% pada kuartal IV 2013.

"Android sekali lagi mendominasi pengapalan smartphone di kuartal I 2014 dengan pangsa pasar 80% (segmen smartphone-red) dari sekitar 300 juta smartphone yang edar di kuartal tersebut," sebut ABI Research.

Berada di belakangnya adalah Apple iOS yang digunakan iPhone. OS ini mempunyai pangsa pasar 10% di kuartal pertama tahun ini. Namun jumlah itu sedikit mengalami penurunan dari yang sebelumnya 11%.

Terpaut cukup jauh di belakangnya adalah sistem operasi Windows Phone dari Microsoft yang pada periode tersebut meraih 3% market share.Naik sedikit dari yang sebelumnya 2%.

"Windows Phone saat ini adalah satu satunya ekosistem ketiga yang terlihat. BlacBerry meredup dan meskipun Firefox berpotensi menjadi penantang kuat di kelas bawah, tapi saat ini belum menunjukkan imbas yang signifikan," tulis Abi Research.Next

Sumber

No comments:

Post a Comment