Pages

Friday, August 16, 2013

Saran Diet bagi Penderita Diabetes

#23abfc


[imagetag]


Penderita diabetes tipe-tipe memang butuh penanganan khusus dalam mengonsumsi makanan. Dokter pun sering menyarankan berbagai nutrisi tertentu yang sebaiknya dikonsumsi penderita diabetes. Berikut ini ada juga saran diet bagi penderita diabetes yang bisa dijalani sebagai panduan makan sehari-hari.



Gula


Gula mengandung glukosa yang bisa meresap ke dalam sel dengan bantuan hormon insulin. Karena penderita diabetes bermasalah dalam hormon insulin, maka sebaiknya Anda membatasi asupan gula.



Serat


Makanan berserat tinggi ampuh menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam sarah, sehingga penderita diabetes disarankan banyak mengonsumsi makanan seperti gandum atau oat.



Susu


Susu adalah kombinasi tepat karbohidrat dan protein yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Penderita diabetes tipe-2 bisa mengonsumsi susu dua kali sehari sebagai menu diet sehat Anda.



Lemak baik


Lemak baik merupakan lemak tak jenuh yang mengatur kadar kolesterol jahat sekaligus diabetes. Temukan kandungan lemak baik dalam minyak zaitun, ikan salmon, dan juga kacang-kacangan.



Buah-buahan


Buah terbaik yang disarankan bagi diet penderita diabetes adalah pepaya, apel, jeruk, pir, dan jambu merah. Sebaliknya, buah yang mengandung fruktosa, seperti mangga, pisang, dan anggur sebaiknya dihindari karena bisa memperburuk diabetes.



Sayuran


Sayuran yang kaya vitamin dan serat sangat dianjurkan bagi penderita diabetes. Temukan sayuran terbaik dalam buncis, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun lainnya untuk dikonsumsi sehari-hari.



Porsi sedikit


Untuk masalah porsi makan, penderita diabetes sebaiknya sering makan dalam jumlah kecil daripada jarang makan namun porsinya besar. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.



Rencana makan


Sebagai awal permulaan, Anda bisa menghitung asupan karbohidrat yang disarankan dokter. Kemudian membiasakan diri mengubah sistem atau pola makan sehari-hari. Dengan demikian, penderita diabetes akan mudah beradaptasi dan terbiasa menjalani diet sehat.



Contoh menu


  • Sarapan: Secangkir teh tanpa gula, segelas susu tanpa lemak, roti gandum atau bubur gandum, dua putih telur dan kecambah sebagai sayuran.
  • Makan siang: Salad, roti maryam, sayuran hijau, dan buah-buahan.
  • Makan malam: Salad, nasi atau roti maryam, susu, sayuran hijau, dan buah-buahan.


Di antara sarapan dan makan siang serta makan siang dan makan malam, Anda juga bisa menikmati teh tanpa gula beserta camilan sehat seperti kacang-kacangan. Selain menjalani diet sehat tersebut di atas, penderita diabetes pun sebaiknya rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

No comments:

Post a Comment