Pages

Tuesday, August 20, 2013

Riyadh Public Transport Project, Mega Proyek Arab Saudi

Pemerintah Arab Saudi mengucurkan dana sebesar US$ 22 miliar atau sekitar Rp 226 triliun untuk membangun sistem jaringan kereta api. Jaringan rel yang dibangun di Kota Riyadh ini bakal menjadi sarana transportasi publik terbesar di dunia. Jaringan kereta bernama Riyadh Public Transport Project ini direncanakan mempunyai enam jurusan yang akan menyambungkan simpul-simpul perekonomian Arab Saudi. Jaringan kereta metro ini menghubungkan jarak sejauh 180 kilometer dan akan tersambung dengan jaringan metro Dubai. Konstruksi proyek ini akan dibangun pada awal 2014 dan ditargetkan sudah bisa dioperasikan pada 2019. Salah satu perancangnya adalah arsitek berdarah campuran Irak-Inggris, Zaha Hadid.

Presiden Arriyadh Development Authority, Ibrahim bin Mohammed al Sultan, mengatakan proyek ini akan menjadi pendorong utama perkembangan ekonomi dan ketenagakerjaan di Arab Saudi. Dia menyebut proyek ini sebagai landasan yang akan meningkatkan kualitas hidup bagi enam juta penduduk Riyadh. Kalangan pengamat berpendapat, infrastruktur ini memiliki nilai penting bagi perekonomian Arab Saudi. Ahli Timur Tengah dari Universitas Cambridge, Jim Krane, mengatakan bahwa pembangunan jaringan kereta api sangat masuk akal bagi Arab Saudi, yang memiliki masalah keuangan unik. Mereka menikmati tingginya harga minyak, tetapi imbal hasil investasi yang mereka tanamkan di luar negeri relatif rendah.

Dengan demikian, warga dan pemerintah Arab memiliki banyak uang dan harus membelanjakannya di dalam negeri. Ketimbang menanamkan modal di negara lain, cara yang paling baik adalah menanamkan uang tersebut dalam proyek infrastruktur domestik. Krane yang menulis buku Dubai: The Story of the World's Fastest City mengatakan pemerintah Arab Saudi akan mengembangkan Riyadh sebagai hub yang menyatukan enam negara yang tergabung dalam Dewan Kerja Sama Negara Teluk. Ibarat Brussels bagi Uni Eropa, tentunya kota ini harus memiliki fasilitas lengkap.





[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]


#23abfc


[imagetag]




No comments:

Post a Comment