Pages

Wednesday, July 3, 2013

Buah yang Hrus dihindari saat Hamil

Mengonsumsi buah-buahan sangat baik untuk tubuh. Kandungan mineral, vitamin, dan seratnya banyak dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu, di dalam buah-buahan juga mengandung antioksidan yang manfaatnya bisa menangkal radikal bebas yang bersembunyi di dalam tubuh. Adanya buah-buahan akan menjadikan perut kita kenyang. Hal ini berguna sebagai program diet sekaligus menyehatkan tubuh. Tapi, tahukah Anda ada beberapa jenis buah yang tidak bolek dimakan oleh wanita hamil? Wanita hamil memang sangat membutuhkan asupan sehat dengan mengonsumsi makanan hijau dan buah-buahan yang segar. Tapi ada beberapa yang tidak boleh dikonsumsinya. Apa saja? Inilah buah yang tidak boleh dikonsumsi wanita hamil:



Nanas


[imagetag]


Beberapa orang mengatakan bahwa buah nanas bisa menyebabkan keguguran. Kandungan bromelain dalam nanas bisa membuat leher rahim lunak dan memicu persalinan dini. Meskipun ilmu kedokteran belum ada yang bisa menenerangkan bahwa nanas dapat menggugurkan kandungan, namun alangkah baiknya Anda yang sedang hamil untuk tidak memakan buah yang satu ini jika tidak ingin kehilangan buah hati.



Pepaya


[imagetag]


Pepaya yang mentah atau setengah matang banyak mengandung lateks. Bagi Ibu hamil yang memakan ini akan berefek menimbulkan kontraksi rahim. Untuk itu, jangan memakan pepaya mentah atau setengah matang pada usia kehamilan awal. Selain itu, wanita hamil juga disarankan untuk tidak memakan daun pepaya karena memicu rapuhnya ari-ari si jabang bayi. Anda yang sedang hamil boleh memakan pepaya asalkan sudah benar-benar matang.



Anggur


[imagetag]


Buah yang memiliki kandungan vitamin A, C, B6, dan folate yang baik in ternyata tidak bolek dimakan oleh wanita hamil. Buah anggur sebaiknya dihindari pada kehamilan besar atau akhir. Buah yang dijadikan sebagai pembuat minuman keras ini dipercaya menyebabkan kandungan menjadi panas.



Durian
#23abfc


[imagetag]


Durian mengandung dua zat yang pada kadar tertentu bisa memberikan efek pada kehamilan. Dua zat tersebut yaitu alkohol dan asam arachidonat. Seperti yang diketahui bahwa alkohol bisa mempengaruhi tumbuh kembang si janin. Salah satunya adalah berat badan si bayi pada saat lahir akan rendah. Sedangkan kandungan archidonatnya bisa merangsang kontraksi rahim yang berakibat pada keguguran.

Itulah buah yang harus dihindari bagi wanita hamil. Masih ada jenis buah lain yang aman dikonsumsi wanita hamil, antara lain, stroberi, tomat, alpukat, mangga, jeruk manis, pisang, dan lain sebagainya. Mengonsumsi stroberi bisa mencegah cacat tabung saraf pada janin. sedangkan alpukat dipercaya berkhasiat bagus untuk kulit bayi. Bagi Anda yang sedang hamil, sebaiknya harus lebih teliti dengan asupan makanan yang akan dikonsumsi demi kesehatan bayi nantinya.

No comments:

Post a Comment